• Rabu, 29 Juni 2022

Rusia Telah Memulai Produksi Sputnik V - Vaksin Covid-19 Terdaftar Pertama di Dunia

- Minggu, 16 Agustus 2020 | 06:18 WIB
vaksin rusia
vaksin rusia


Kementerian Kesehatan Rusia mengumumkan pada hari Sabtu bahwa produksi vaksin virus korona terdaftar pertama di dunia telah dimulai. Vaksin itu dinamai 'Sputnik V' seperti nama satelit luar angkasa terkenal yang diluncurkan oleh Moskow pada tahun 1957.





Formula tersebut, yang secara resmi dikenal sebagai 'Gam-COVID-Vak,' dikembangkan oleh Pusat Penelitian Nasional Gamaleya di ibu kota Rusia. Ini memiliki dua komponen yang perlu disuntikkan dengan selang tiga minggu untuk memicu respons kekebalan terhadap Covid-19. Direktur dana kekayaan kedaulatan Rusia, yang mendanai proyek tersebut, Kirill Dmitriev menunjukkan bahwa Moskow telah menerima pesanan lebih dari satu miliar dosis vaksin dari 20 negara.





Regulator kesehatan Rusia mendaftarkan vaksin tersebut setelah lolos uji coba Tahap II pada bulan Juni dan Juli. Diputuskan bahwa menyelesaikan uji coba Tahap III tidak diperlukan untuk peluncuran awal karena didasarkan pada platform yang sudah terbukti. Namun, penting untuk dicatat bahwa Sputnik V tidak akan diedarkan secara umum hingga Januari 2021, memungkinkan empat hingga lima bulan lagi untuk mengamati efektivitasnya lebih lanjut.





Keputusan itu dikritik oleh beberapa pemerintah Barat dan profesional kesehatan, yang menganggapnya terburu-buru dan berpotensi berbahaya. Konon, beberapa dari mereka tampaknya mendapat kesan bahwa vaksin akan segera beredar massal. Pada kenyataannya, ini pada awalnya hanya akan tersedia bagi pekerja yang rentan dalam peran garis depan yang penting. Meski begitu, partisipasi bersifat sukarela, tanpa ada yang dipaksa untuk ambil bagian.





Menteri Kesehatan Rusia Mikhail Murashko mengatakan, awal pekan ini, dalam pertemuan dengan Presiden Vladimir Putin bahwa pekerja medis dan guru akan menjadi orang pertama yang mendapatkan vaksin. Kementerian Kesehatan menambahkan bahwa data dari uji coba akan segera dipublikasikan dan ini diharapkan dapat mengurangi beberapa kekhawatiran di sekitarnya.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Terkini

Minyak Mentah Rusia Lebih Banyak Diimpor Uni Eropa

Minggu, 26 Juni 2022 | 08:40 WIB
X