• Rabu, 29 Juni 2022

Dugaan Korupsi Dana Hibah KTNA Mura Berpeluang Ada Tersangka Baru

- Kamis, 19 Agustus 2021 | 15:26 WIB
Yuriza Anthoni
Yuriza Anthoni


Lubuklinggau, Klikanggaran.com - Kejaksaan Negeri (Kejari) Lubuklinggau resmi melakukan penahanan terhadap tersangka dugaan korupsi Dana Hibah Kontak Tani dan Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Musi Rawas (Mura), Catur Handoko (CH). Bahkan, pihak Kejaksaan mengungkapkan perkara tersebut tidak menutup kemungkinan bakal ada tersangka baru.


Kepala Sesi Pidana Khusus (Kasi Pisus) Kejari Lubuklinggau, Yuriza Anthoni, menuturkan penahanan CH terkait dugaan korupsi dana hibah KTNA Musi Rawas.


"Catur Handoko ini selaku Ketua KTNA Musi Rawas mendapatkan dana hibah senilai Rp1,075 miliar itu untuk kegiatan PENAS 2020 di Padang, akan tetapi kegiatan itu batal dilaksanakan karena Covid-19, namun dana tersebut tidak di kembalikan ke kas negara," ujar Yuriza saat dikonfirmasi di ruang kerjanya, kantor Kejari Lubuklinggau, Kota Lubuklinggau, Kamis (19-8).


Dijelaskan Yuriza, CH disangkakan Pasal 2 dan Pasal 3 Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (UU Tipikor).


Dirinya juga menuturkan, untuk perkara tersebut tidak menutup kemungkinan berpeluang akan ada tersangka baru.


"Nanti kita lihat hasil dari pengembangan, jika memang ditemukan fakta baru maka akan kita ungkap [tersangka]," tandasnya.


Sebelumnya, Kejari Lubuklinggau telah menetapkan Ketua KTNA Musi Rawas, CH, sebagai tersangka pada 22 Juli 2021 lalu. CH menjadi tersangka kasus dugaan korupsi dana hibah untuk Penas (Pekan Nasional) KTNA ke XVI.


Editor: M.J. Putra

Tags

Terkini

X