• Minggu, 5 Desember 2021

Korupsi Sekwan PALI Belum Sentuh Oknum DPRD dan Sekda

- Rabu, 14 Juli 2021 | 08:31 WIB
images (4)
images (4)


Palembang,Klikanggaran.com - Perkara korupsi di Sekertariat DPRD Penukal Abab Pematang Ilir (PALI), mendapat tanggapan dari Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) Perwakilan Sumatera Selatan (Sumsel). MAKI Sumsel menilai bahwa perkara tersebut belum menyentuh anggota DPRD PALI yang disinyalir menggunakan anggaran fiktif dan juga Sekertaris Daerah selaku TAPD yang menyetujui anggaran tersebut yang diduga tanpa sepengetahuan Kepala Daerah PALI.


"Vonis yang di kenakan ke Sekwan PALI mengindikasikan keterlibatan unsur pimpinan DPRD PALI dan Skertaris Daerah (Sekda) PALI. Vonis 15 tahun penjara kepada Sekertaris Dewan (Sekwan) PALI, Arif Firdaus (DPO), terkait dana operasional dan SPJ fiktif pada APBD PALI tahun anggaran 2017 tidak berdiri sendiri dan hanya kepada 2 orang saja," ujar Deputy MAKI Sumsel, Feri Kurniawan, Selasa (13-7).


Dikatakan Feri, selain Sekwan ada terdakwa lain, yaitu Mujarap yang saat itu menjabat sebagai mantan Bendahara yang divonis oleh Hakim 7,6 tahun (tujuh tahun enam bulan) penjara karena terbukti melakukan tindak pidana korupsi pada APBD 2017 yang merugikan negara sekitar Rp7 miliar.


"Sekwan Pali, Arif Firdaus, selain vonis hukuman juga dikenakan denda sebesar Rp500 juta subsider 10 bulan, dan uang pengganti sekitar Rp6,1 miliar, serta biaya berkas sebesar Rp5 ribu," ungkap Feri.


Sedangkan untuk terdakwa Mujarab, kata Feri, juga dikenakan denda sebesar Rp300 juta subsider enam bulan kurungan, dan uang pengganti sekitar Rp774 juta dan uang berkas sebesar Rp5 Ribu.


"Terdakwa Arif Firdaus menjalani sidang absensia, sedangkan untuk terdakwa Mujarab pasca sidang masih pikir-pikir untuk banding atau tidak kepada Majelis Hakim. Buronnya Arif mengindikasikan adanya perkara lain yang belum diungkap, yakni siapa-siapa yang menggunakan uang tersebut dan apa peran Sekda saat itu," pungkas Feri.


Editor: M.J. Putra

Tags

Terkini

Gunung Semeru Erupsi, Ini Sejarah Panjang Letusannya

Sabtu, 4 Desember 2021 | 21:46 WIB

Status Gunung Semeru Level II, Ini Rekomendasi BPNB

Sabtu, 4 Desember 2021 | 21:13 WIB
X