• Rabu, 26 Januari 2022

Pembobolan Saham! Jamkrida Sumsel Diduga Manipulasi Laporan Keuangan

- Jumat, 26 Februari 2021 | 20:14 WIB
Bony
Bony


Palembang,Klikanggaran.com - Dalam akuntansi, dikenal dua jenis kesalahan yaitu kekeliruan (error) yang mengandung unsur ketidaksengajaan dan kecurangan (fraud) yang bisanya memang disengaja untuk menaikkan harga saham perusahaan, namun berbeda dengan perusahaan plat merah, menaikkan laba bersih untuk memperbesar saldo bersih yang dapat di bagikan menjadi deviden saham dan bonus.


Kecurangan Laporan


Keuangan atau Fraudulent Financial Reporting adalah salah saji atau pengabaian jumlah dan pengungkapan yang disengaja dengan maksud menipu untuk tujuan tertentu. Kecurangan ini biasanya terjadi ketika sebuah perusahaan melaporkan lebih tinggi dari yang sebenarnya (overstates) terhadap asset atau pendapatan, atau ketika perusahaan melaporkan lebih rendah dari yang sebenarnya (understates) terhadap kewajiban dan beban.


Kecurangan laporan keuangan dilakukan oleh siapa saja pada level apa pun dan siapa pun yang memiliki kesempatan. Dan biasanya penipuan keuangan ini atas persetujuan pemegang saham karena maksud yang tidak baik.


Aparat hukum saat ini sedang meneliti dugaan Fraudulent Financial Reforting (FFR) pada laporan keuangan Jamkrida Sumsel.  Dugaan ini sepertinya mengarah kepada perbuatan melawan hukum untuk tujuan tertentu.


Dugaan kecurangan ini mengarah kepada melaporkan laba bersih yang lebih tinggi untuk mendapatkan saldo bersih yang bisa di bagikan berupa deviden ataupun bonus hasil usaha, namun hal ini hanya sebatas dugaan karena yang berhak menyatakan salah dan benar adalah aparat hukum.


Apakah manipulasi laporan keuangan itu diduga berwujud pajak tangguhan ataukah menaikkan nilai asset hanya fihak aparat hukum yang berhak menelitinya.


Penulis: Koordinator MAKI Sumsel, Bony Balitong


Editor: M.J. Putra

Tags

Terkini

Nitizen Mencari Akun Istri Ganjar Pranowo, Kenapa ya?

Minggu, 23 Januari 2022 | 07:50 WIB

Gempa Bumi Sulut dengan Magnitudo sebesar 6.1

Sabtu, 22 Januari 2022 | 10:46 WIB
X