• Jumat, 12 Agustus 2022

Banyak Kadin di PALI Diisi PLT, Pusat Uni Demokrasi Minta KASN Berikan Teguran

- Kamis, 17 Oktober 2019 | 10:18 WIB
pali bud 1
pali bud 1


PALI, Klikanggaran.com--Banyaknya para Kepala Dinas di Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (Pali) yang bertahun-tahun masih berstatus Plt, nampaknya mulai mendapat sorotan dari publik di bumi Serepat Serasan. Kondisi tersebut bisa saja mengundang praduga multitafsir dari berbagai pihak.


Apalagi, para Pejabat Plt ini menduduki posisi dinas yang cukup strategis dengan pos anggaran infrastruktur yang begitu besar. Sebut saja misalnya, Kadin Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman, Dinas PUPR, Dinas Pendidikan, serta Sekwan DPRD.



Pusat Ini Demokrasi Sumatera Selatan, Ali Pudi menilai kondisi tersebut bisa saja disebabkan oleh Sumber Daya Manusia (SDM) di Kabupaten Pali yang masih kurang, atau bisa juga adanya tarik-menarik kepentingan.


"Untuk menjadi Kadis atau Kaban itu ada persyaratan yang harus dipenuhi, di antaranya, yakni Esselon II, Golongan IV A, Pendidikan S.2, telah mengikuti dan lolos iji kelayakan di Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). Apakah di Pemkab PALI ada SDM tersebut?," tanya Ali Pudi pada Klikanggaran.com, Kamis (17/10/19).


Untuk itulah menurutnya, Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) harus menegur Bupati.


"Iya, dan KASN harus menegur Bupati," harap Ali Pudi.


Sementara itu, Sekda Kabupaten Pali, Syahron Nazil mengatakan soal aturan pembatasan Plt baru ada sekitar Bulan Seftember.


"Kalo dulu belum ada pembatasan. Itu baru ada edaran dari BAKM Bulan Seftember, dan mulai berlaku 1 Oktober. Plt itu hanya bisa tiga bulan dan bisa diperpanjang tiga bulan Lagi," katanya, Rabu (16/10/19).


Untuk diketahui, mantan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Yuddy Chrisnandi, kala itu pernah mengingatkan terkait adanya beberapa jabatan pelaksana tugas (Plt) di salah satu pemerintah kabupaten yang menjabat lebih dari enam bulan.

Halaman:

Editor: Mang Kamil

Tags

Terkini

X