• Kamis, 30 Juni 2022

Kunjungi Museum BPK. Masih Berjalankah Loby Hibah Museum?

- Senin, 7 November 2016 | 03:34 WIB

Jakarta, KlikAnggaran.com - Seperti diketahui, khususnya di kalangan BPK dan anggota dewan DPRD Jawa Tengah, sudah hampir satu tahun berjalan loby yang dilakukan oleh pihak BPK agar Pemprov Jawa Tengah menghibahkan tanah dan bangunannya sebagai bangunan resmi museum kepada BPK.

 

Kali ini masuk semester II 2016, BPK melakukan peninjauan kembali ke museum tersebut, kunjungan dilakukan oleh Humas dan KSI BPK. Peninjauan yang menggunakan biaya DIPA ini dilakukan sehari oleh pihak Humas dan KSI dalam agenda yang memang sudah dirancang oleh BPK.

Terkait penghibahan yang dilakukan oleh Pemprov Jateng ini, ternyata masih tetap mendapat penolakan oleh salah satu anggota DPRD Jateng. Bangunan ini dulunya bekas Kerasidenan Kudu yang kini digunakan sebagai kantor Bakonwil II Magelang, dan juga memang termasuk cagar budaya. Sejarah bangunan tersebut tidak terlepas dari perjuangan Pangeran Diponegoro, dimana dia melakukan perundingan kemudian ditahan oleh kolonial Belanda. Dalam bangunan tersebut juga terdapat kamar yang pernah ditempati oleh Pangeran Diponegoro.

Dalam keterangan yang diberikan, museum BPK yang kini menempati satu bangunan di dalam Komplek Kantor Bakorwil II Magelang ini minim pengunjung. Rata-rata pengunjung hanya ingin melihat jubah Pangeran Diponegoro.

Terkait loby BPK terhadap Pemprov Jateng, sepertinya masih belum bisa karena bangunan tersebut masuk dalam cagar budaya yang idealnya dijaga oleh pemerintah.

 

Editor: Kit Rose

Tags

Terkini

X