• Senin, 15 Agustus 2022

Ternyata Ada Lho, Tempe Berbentuk Jari Jemari dan Tengkorak, Bahanya juga Bukan hanya Kedelei, Lalu Apa?

- Kamis, 4 Agustus 2022 | 14:41 WIB
Tempe berbentuk jari jemari kreasi warga Indonesia yang tinggal di Jerman (venda/dw.com)
Tempe berbentuk jari jemari kreasi warga Indonesia yang tinggal di Jerman (venda/dw.com)

KLIKANGGARAN – Tempe adalah makanan favorit sebagian besar orang Indonesia. Selama ini bentuk tempe adalah bulat, persegi panjang ataupun kotak.

Ternyata ada lho tempe yang bentuknya tidak biasa, yaitu jari jemari dan tengkorak. Tempe bentuk jari jemari dan tengkorak tersebut adalah kreasi dari Vanda Wiyono, warga negara Indonesia yang sudah lama bermukim di Jerman.

Dikutip dari DW.com, Venda Wiyono yang tinggal di Kota Hamburg, Jerman, adalah salah satu warga Indonesia yang menjadi pembuat atau kreator tempe.

Baca Juga: Dituduh Nilep Uang Dewi Persik , Angga Wijaya Lakukan Pembelaan, Bukan Curi Cuma Ambil lebihnya!

Inspirasi Venda Wiyono membuat tempe adalah pandemi COVID 19. Ketrampilan Vanda dalam membuat tempe diperolehnya saat bekerja di vegan restoran, di Kepulauan Cayman.

Ketika pindah ke Jerman, tidak lama kemudian pandemi COVID 19 dan Jerman di lockdown. Akhirnya untuk mengisi waktu di rumah, Vanda kemudian membuat tempe.

"Sebelumnya saya tinggal di Kepulauan Cayman. Waktu di sana saya membuat tempe. Saya kerja di vegan restoran. Terus, waktu saya pindah ke Jerman sekitar setahun lalu, itu pada saat baru dimulainya pandemi, terus lockdown, jadi saya lalu berpikir, bikin apa, ya? Karena sudah sering membuat tempe, akhirnya saya berpikir, ya sudahlah, saya ingin bikin tempe di sini. Sepertinya seru juga.Terus saya mulai kreasi tempe waktu awal pandemi itu,” jelas Vanda.

Baca Juga: Putri Delina Akan Ikut dalam Konser Bersama Dirinya dengan Rizwan dan Mahalini, Rizky Febian Tanyakan ini

Tempe yang Venda buat, bukan sembarang tempe. Dia membuat pola-polanya berbentuk kembang, tangan manusia, bahkan tengkorak dan aneka bentuk lainnya. Caranya menggunakan cetakan bahan silikon untuk bentuk tempenya.

Halaman:

Editor: Muslikhin

Sumber: Dw.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X