• Kamis, 30 Juni 2022

Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI Tahun 2021, Fly Pass Helikopter Bawa Merah Putih Raksasa

- Selasa, 17 Agustus 2021 | 14:35 WIB
Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI Tahun 2021, Fly Pass Helikopter Bawa Merah Putih Raksasa
Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI Tahun 2021, Fly Pass Helikopter Bawa Merah Putih Raksasa


Jakarta, Klikanggaran.com - Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia digelar di halaman Istana Merdeka pada hari ini, Selasa, 17 Agustus 2021. Hadir dalam acara tersebut Kepala Negara bersama Ibu Negara, Iriana Joko Widodo, didampingi oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin beserta Ibu Wury Ma’ruf Amin.


Peringatan dalam rangka Hari Ulang Tahun ke-76 Kemerdekaan RI yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo kali ini mengusung tema "Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh". Tema ini mendeskripskan nilai-nilai ketangguhan, semangat pantang menyerah untuk terus maju bersama dalam menempuh jalan penuh tantangan agar dapat mencapai masa depan yang lebih baik.


Bertindak selaku komandan upacara pada kesempatan kali ini yaitu Kolonel Pnb. Putu Sucahyadi, S.AP., M.Sc., M.M.S. Pria kelahiran Denpasar, 9 Oktober 1977, ini merupakan lulusan Akademi Angkatan Udara tahun 1999 yang saat ini menjabat sebagai Asops Kosekhanudnas II Makassar.


Laporan komandan upacara dan dentuman meriam sebanyak tujuh belas kali yang menggelegar dari arah Taman Monumen Nasional dengan disertai bunyi sirene panjang menandai dimulainya Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di halaman Istana Merdeka.


Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia, Puan Maharani, membacakan naskah proklamasi yang pada 76 tahun lalu dikumandangkan proklamator kita, Ir. Soekarno, sebagai tanda bahwa Indonesia telah merdeka dari belenggu penjajahan.


Presiden Joko Widodo selaku inspektur upacara selanjutnya memimpin para peserta upacara baik yang hadir secara terbatas di lokasi maupun yang mengikuti secara virtual untuk mengheningkan cipta. Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas, kemudian memandu pembacaan doa.


Ardelia Muthia Zahwa, anggota Paskibraka asal Provinsi Sumatera Utara selanjutnya membawa bendera Merah Putih untuk kemudian dikibarkan. Adapun Paskibraka lainnya yang bertugas mengibarkan bendera yakni Dika Ambiya Rahman sebagai pembentang bendera, Ridho Hadfizar Armadhani sebagai pengerek bendera, dan Aditya Yogi Susanto sebagai Komandan Kelompok 8.


Pengibaran bendera Merah Putih dengan diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya pun berhasil ditunaikan dengan baik oleh para Paskibraka. Sang Merah Putih tampak gagah berkibar di halaman Istana Merdeka.


Aksi para prajurit TNI AU yang melakukan fly pass pesawat tempur turut memeriahkan upacara kali ini. Sesaat sebelum melintas di langit Istana Merdeka, salah satu pilot pesawat tempur tersebut memberikan ucapan selamat HUT ke-76 Kemerdekaan RI.

Halaman:

Editor: Kit Rose

Tags

Terkini

X