• Selasa, 21 September 2021

Ahmad Massoud, Saleh aman, Panjshir Belum Jatuh secara Penuh ke Tangan Taliban

- Kamis, 9 September 2021 | 13:00 WIB
Loyalis Ahmad Massoud (AFP)
Loyalis Ahmad Massoud (AFP)


Jakarta, klikanggaran-- Front Perlawanan Nasional (NRF) yang memerangi Taliban mengatakan Panjshir belum jatuh dan Ahmad Massoud serta mantan Wakil Presiden Amrullah Saleh selamat, dilansir India Tooday.

Terkait klaim Taliban, Ali Maisam Nazary, Kepala Hubungan Luar Negeri, NRF dan juru bicara Ahmad Massoud mengatakan, "Keduanya, Komandan Ahmad Massoud dan Amrullah Saleh, berada di Afghanistan. Mereka berada di negara ini. Mereka tidak akan pernah meninggalkan rakyatnya. Orang-orang bangkit dan menghadapi teroris yang sekarang berada di Kabul."

Dia berkata, "Panjshir belum jatuh. 60 persen Panjshir masih di bawah kendali kami. Ini adalah mundur taktis. Taliban telah memasuki sarang singa dan akan menanggung akibatnya."

Baca Juga: Waduh! Kediaman Deddy Corbuzier Disambangi Kapolda, Ada Apa?

Menyinggung peran Pakistan, juru bicara NRF mengatakan, "Mereka [Taliban] mendapat dukungan dari seberang perbatasan."

Juru bicara itu mengatakan, "Persediaan semakin menipis, tetapi kami sangat tangguh. Ada krisis kemanusiaan yang telah ditutup-tutupi oleh komunitas internasional. Kecewa di komunitas internasional."

Sebelumnya, NRF menyebut pemerintah sementara Taliban yang baru 'tidak sah' dan mengatakan mereka akan mengumumkan pemerintahan paralel setelah berkonsultasi dengan para politisi.

"Front perlawanan mengakui bahwa mereka akan membentuk pemerintahan transisional yang demokratis dan sah yang dibentuk berdasarkan suara rakyat dan dapat diterima oleh masyarakat internasional," front perlawanan itu dikutip oleh berita Khaama dalam sebuah pernyataan.

Baca Juga: Menpora: DBON Adalah Jawaban Atas Arahan Presiden Jokowi untuk Pembinaan Prestasi Olahraga

Pernyataan itu lebih lanjut mengatakan "rezim pemerintah tidak sah Taliban adalah tanda yang jelas dari permusuhan kelompok dengan rakyat Afghanistan dan ancaman terhadap stabilitas dan keamanan Afghanistan, kawasan dan dunia", seperti yang dilaporkan oleh media lokal pada hari Rabu.*

Halaman:

Editor: Insan Purnama

Sumber: India Today

Tags

Terkini

X