• Kamis, 26 Mei 2022

Dari Sheikh Jarrah dan Masjid al-Aqsa hingga Gencatan Senjata

- Jumat, 21 Mei 2021 | 09:01 WIB
london
london


KLIKANGGARAN-- Hamas mulai menembakkan roket ke Israel pada malam antara 9 dan 10 Mei. Serangan awal, yang tidak menyebabkan kematian atau kerusakan, merupakan tanggapan atas invasi Israel ke Masjid al-Aqsa dan upayanya untuk secara paksa mengusir keluarga Palestina di lingkungan Sheikh Jarrah di Yerusalem Timur.


Palestina Merayakan Dimulainya Gencatan Senjata Gaza Setelah 11 Hari Serangan Udara Israel


Ketegangan sudah tinggi karena Israel telah membatasi hak warga Palestina untuk masuk dan sholat di Masjid al-Aqsa selama bulan suci Ramadhan. Sekitar waktu yang sama, Mahkamah Agung Israel telah memerintahkan sebanyak 40 warga Palestina di Sheikh Jarrah, termasuk 10 anak, agar keluar dari rumah mereka, yang akan diambil alih oleh pemukim Israel.


Protes meletus di Sheikh Jarrah atas keputusan tersebut, dan dalam beberapa hari, demonstrasi solidaritas menyebar ke seluruh Yerusalem Timur yang diduduki dan Tepi Barat, serta Gaza.


Labrak Peraturan Pemerintah, BRI Total Lost Setengah Triliun Rupiah


Pasukan Israel menyerang protes solidaritas besar di Masjid al-Aqsa yang telah mengikuti shalat tarawih dan menanti malam Lailatul Qadr dengan menembakkan gas air mata dan peluru logam berlapis karet ke dalam dan sekitar masjid, di mana Masjid al-Aqsa dianggap sebagai situs tersuci ketiga dalam Islam.


Relawan Siaga Apresiasi JNE Membantu Distribusi Logistik ke Daerah Bencana


Kemarahan dengan cepat menyebar ke seluruh komunitas Palestina, dan gerakan Hamas memberi ultimatum kepada Israel, menuntutnya menarik pasukannya dari Masjid al-Aqsa dan menghentikan rencananya untuk memaksa keluarga Palestina keluar dari Sheikh Jarrah.


Ketika Israel tidak merespon, Hamas menembakkan misil pertamanya. Keesokan harinya, Israel menanggapi dengan serangan udara yang canggih dan mulai menghancurkan gedung-gedung bertingkat. Sepanjang kampanye pembomannya, tingkat korban sipil yang tinggi, terutama anak-anak, telah didokumentasikan.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Terkini

Israel Laporkan Kasus Cacar Monyet Pertama

Sabtu, 21 Mei 2022 | 06:35 WIB

Rusia Tidak Akan Menggratiskan Gasnya!

Jumat, 20 Mei 2022 | 21:12 WIB
X