• Selasa, 24 Mei 2022

Putin: Pandemi Covid-19 dapat membawa krisis ekonomi dalam skala 'Depresi Hebat'

- Minggu, 22 November 2020 | 09:04 WIB
g20
g20


(KLIKANGGARAN)--Presiden Rusia Vladimir Putin telah memperingatkan bahwa pandemi virus Corona dapat menyebabkan keruntuhan ekonomi global yang akan berdampak signifikan pada kehidupan jutaan orang di seluruh dunia. Putin menyampaikan itu di KTT G20.


KTT G20: Raja Salman Soroti Penanganan Covid-19 dan Jokowi Hadir secara Virtual


Berbicara di KTT virtual para pemimpin internasional G20 pada hari Sabtu, Putin memperingatkan bahwa, "meskipun ada beberapa sinyal positif, risiko utamanya masih pada apa yang disebut pengangguran massal yang stagnan dengan peningkatan kemiskinan dan kekacauan sosial."


"Epidemi virus korona, penguncian global, dan pembekuan aktivitas ekonomi meluncurkan krisis ekonomi sistemik, yang belum diketahui dunia modern sejak Depresi Hebat," tambahnya.


Putin juga memuji "kontribusi besar" AS, yang, bersama dengan negara-negara lain, telah bergabung bersama untuk "menciptakan paket stimulus bagi ekonomi dunia hingga mencapai $ 12 triliun." Terutama diajukan oleh negara-negara ekonomi besar, termasuk Rusia, stimulus tersebut dianggap berperan dalam menopang pasar dunia yang rapuh.


Pada hari Jumat, pemimpin Rusia menggunakan KTT Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik untuk memperingatkan bahwa PDB dunia dapat menyusut sebanyak 4,4 persen. Meskipun perkiraan menunjukkan Rusia akan berkinerja lebih baik daripada rata-rata itu, Putin memperingatkan penurunan produksi industri yang mengkhawatirkan dan meningkatnya jumlah orang yang berisiko jatuh di bawah garis kemiskinan.


Presiden juga tampaknya membidik sanksi dan hambatan perdagangan yang diberlakukan terhadap negara-negara, termasuk Rusia, pada saat kondisi ekonomi sama menantang seperti sebelumnya. “Ada eskalasi kontradiksi ekonomi di antara para pemain utama di pasar,” kata Putin. Awal pekan ini dia menggunakan KTT BRICS untuk menyerukan pencabutan hukuman ekonomi, terutama untuk negara-negara miskin yang telah terpukul parah oleh pandemi.


Kompolnas Minta Klarifikasi Polri Terkait Pencopotan Baliho Rizieq Shihab oleh TNI


Sementara itu, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, mengikuti Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 ke-15 secara virtual melalui konferensi video dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, pada Sabtu (21/11/2020). KTT itu digeolar di Riyadh, Arab Saudi, pada 21–22 November 2020.

Halaman:

Editor: Tim Berita

Tags

Terkini

Israel Laporkan Kasus Cacar Monyet Pertama

Sabtu, 21 Mei 2022 | 06:35 WIB

Rusia Tidak Akan Menggratiskan Gasnya!

Jumat, 20 Mei 2022 | 21:12 WIB
X