• Jumat, 30 September 2022

Setelah Hagia Sophia, Satu Gereja Lagi Diubah Menjadi Masjid oleh Erdogan

- Sabtu, 22 Agustus 2020 | 16:34 WIB
gereja chora
gereja chora


Pemerintah Turki telah mengubah gereja khas era Bizantium yang terkenal dengan mozaiknya yang menakjubkan di Istanbul menjadi masjid, satu bulan setelah membuka Hagia Sophia yang ikonik untuk sholat Islam.


Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menandatangani dekrit pada Jumat pagi untuk mengalihkan pengelolaan Gereja Chora abad pertengahan ke Direktorat Urusan Islam, sehingga sekarang berfungsi sebagai masjid.


Tahun lalu, Dewan Negara memutuskan bahwa gedung Gereja Chora di Istanbul diberkahi sebagai masjid dalam keadaan hukum khusus selama Kekaisaran Ottoman, dan bahwa itu adalah tanggung jawab negara untuk mempertahankan status yang dimaksudkan sebagai masjid.


Keputusan tersebut menjadi preseden dan akhirnya meyakinkan cabang lain dari Dewan Negara untuk membuat keputusan serupa tentang Hagia Sophia, sebuah situs Warisan Dunia, pada bulan Juli. Keputusan itu disambut di dalam negeri, tetapi dikutuk dan dikecam di seluruh dunia.


Gereja Chora dan Hagia Sophia memiliki sejarah yang sama, karena keduanya awalnya dibangun kembali oleh kaisar Bizantium Justinian pada abad keenam. Mosaik dan lukisan dinding yang terkenal secara internasional yang menggambarkan kehidupan Yesus dan Maria ditambahkan ke gedung pada abad ke-14 setelah beberapa rekonstruksi dan perluasan.


"Mosaik dan fresko di Chora adalah contoh terindah yang berasal dari periode terakhir lukisan Bizantium (abad ke-14)", kata situs resmi Museum Chora. "Elemen gaya khas dalam mosaik dan lukisan dinding tersebut adalah kedalamannya, pergerakan dan nilai plastis figur dan pemanjangan figur. "


Bangunan itu diubah menjadi masjid pada tahun 1511, beberapa dekade setelah penaklukan Istanbul pada tahun 1453. Baik Hagia Sophia maupun Gereja Chora digali oleh ahli filantropis dan Bizantium Amerika yang sama, Thomas Whittemore, pada tahun 1930-an dan 1940-an.


The Byzantine Institute of America telah melakukan pekerjaan itu selama lebih dari 11 tahun, menghilangkan plester.


Di bawah Erdogan, pemerintah Turki telah membangun kembali empat gereja era Bizantium lainnya bernama Hagia Sophia di kota Trabzon, Kirklareli, Iznik dan Edirne.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Terkini

Presiden Iran: Tak Ada Perbedaan era Trump dan Biden

Minggu, 18 September 2022 | 10:36 WIB
X