• Kamis, 30 Juni 2022

Cobek Raksasa di Lereng Merapi

- Minggu, 31 Juli 2016 | 02:53 WIB
images_berita_Jul_16_IMG_20160805_125413
images_berita_Jul_16_IMG_20160805_125413

Jakarta, KlikAnggaran.com - Pernah lihat cobek, kan? Tapi, yang raksasa belum pasti. Cobek yang diduga berusia tua itu ditemukan oleh Rohmadi dan lima tukang gali, terkubur di kedalaman 2,7 meter. Cobek raksasa ini ditemukan di Dusun Trasan, Desa Bringin, Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Kamis (28/7/2016) lalu.

Maryono (58), warga setempat yang pertama kali menemukan cobek itu, menceritakan saat itu ia sedang menggali tanah milik Rohmadi (55) untuk dipakai septic tank. Ketika menggali tiba-tiba linggis besinya mengenai benda keras. Semula ia mengira benda itu hanya batu biasa, sehingga ia pun melanjutkan penggalian. Namun, ketika diperhatikan ternyata benda itu berbentuk mirip cobek atau alat rumah tangga yang terbuat dari batu untuk menghaluskan bumbu-bumbu.

 

Tidak mudah mengangkat benda berukuran diameter luar 115 centimeter, tebal bibir 8 centimeter, diameter dalam 98 centimeter, tinggi luar 50 centimeter, dan tinggi dalam 10 centimeter itu. Maka, dia dan teman-temannya mencari bantuan warga lainnya dan meminjam crane kecil di sebuah bengkel di dekat lokasi penemuan yang terletak di lereng Gunung Merapi itu.

"Di dekat cobek itu juga ditemukan batu berbentuk balok berukuran panjang 26 centimeter, lebar 10 centimeter, dan tebal 11 centimeter," jelas Maryono seperti dikutip jpnn.

Pemilik rumah, Rohmadi mengatakan, sebelum dibangun rumah, dahulu lokasi penemuan merupakan ladang dengan kontur tanah dataran tinggi yang kemudian diratakan.

“Setahu saya dulunya merupakan dataran tinggi dan banyak ditumbuhi pepohonan. Nah, saat digali sekitar 2 meter ditemukan cobek ini,” ujar dia.

Rohmadi berujar, cobek tersebut akan disimpan dan dijadikan hiasan rumah setelah dibersihkan. Namun ia mempersilakan apabila pemerintah ataupun pihak berwenang hendak mengambilnya.

“Kalaupun nantinya pemerintah mau mengambil barang ini kami mempersilakan, tapi ya ada ganti ruginya,” ujar Rohmadi.

Halaman:

Editor: Kit Rose

Tags

Terkini

X