• Sabtu, 29 Januari 2022

UEFA dan Asosiasi Klub Eropa (ECA) Tolak Piala Dunia Digelar Dua Tahun Sekali. Bagaimana Sikap FIFA

- Sabtu, 4 September 2021 | 22:43 WIB
Logo FIFA (FIFA)
Logo FIFA (FIFA)


KLIKANGGARAN.Com-Usulan FIFA untuk menggelar Piala Dunia dua tahun sekali, dari sebelumnya empat tahunan, sepertinya tidak akan berjalan mulus. UEFA atau Federasi Sepakbola Eropa dan  Asosiasi Klub Eropa (ECA) seperti dilaporkan Reuters dikabarkan menolak gagasan menggelar Piala Dunia setiap dua tahunan.


Gagasan menggelar Piala Dunia dua tahun sekali muncul dalam Kongres FIFA yang digelar secara virtual pada 21 Mei. Proposal itu datang dari Asosiasi Sepak Bola Arab Saudi (SAFF). FIFA kemudian mempertimbangkan gagasan itu untuk dilaksanakan.


Arsene Wenger, Kepala Pengembangan Sepak Bola Global FIFA mengungkapkan, konsep tersebut sebagai bagian dari evaluasi grup terhadap kalender pertandingan di seluruh dunia.


Presiden UEFA Aleksandr Ceferin menyebutkan ada "kekhawatiran di seluruh dunia sepakbola" mengenai rencana yang diajukan oleh Arsene Wenger itu.


“Mempertimbangkan dampak besar reformasi itu terhadap seluruh organisasi sepak bola, ada keheranan luas bahwa FIFA tampaknya memulai kampanye untuk mendorong proposalnya. Padahal proposal semacam itu belum diajukan ke konfederasi, asosiasi nasional, liga, klub. , pemain, pelatih, klub, dan semua komunitas sepak bola,” tulis Ceferin dalam surat tersebut pada hari Jumat.

Baca Juga: Kalah dalam US Open, Petenis Jepang Naomi Osaka Berencana Istirahat dari Tenis


Rencana Wenger adalah untuk Piala Dunia yang akan diadopsi 12 bulan berikutnya oleh kejuaraan kontinental, seperti Euro dan Copa America, yang mungkin berarti tidak ada waktu musim panas yang jelas untuk Piala Dunia wanita dan turnamen kontinental mereka.

"UEFA dan asosiasi nasionalnya, memiliki keberatan serius dan keprihatinan serius terhadap rencana FIFA itu," tambah Ceferin.

Setiap perubahan pada Piala Dunia akan membutuhkan pemungutan suara dari kongres FIFA yang terdiri dari 211 federasi sepak bola nasional.

Halaman:

Editor: Muslikhin

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X