• Kamis, 26 Mei 2022

Antara Otoritas Palestina dan Aspirasi Jalanan Pemuda Palestina

- Jumat, 21 Mei 2021 | 09:16 WIB
abbas
abbas


KLIKANGGARAN-- Peneliti dan analis politik Khalil Shaheen percaya bahwa momen saat ini di seluruh wilayah Palestina yang diduduki akan memperkuat tradisi perlawanan lama dalam perjuangan Palestina melawan Israel.


Berbicara kepada Middle East Eye, Shaheen mengatakan perjuangan melawan pendudukan telah mengambil giliran baru sejak 2014, setelah agresi Israel di Jalur Gaza dan pemberontakan populer yang bertepatan dengan itu di Tepi Barat. Kemudian ada pemberontakan rakyat Yerusalem pada tahun 2017 terhadap pemasangan gerbang elektronik oleh otoritas Israel di gerbang Masjid al-Aqsa.


Dari Sheikh Jarrah dan Masjid al-Aqsa hingga Gencatan Senjata


Mengenai gelombang demonstrasi saat ini, Shaheen mengatakan Tepi Barat sedang menyaksikan fase baru. Peneliti mengatakan gelombang tersebut sebagian besar didominasi oleh pemuda dan inisiatif populer yang tampaknya sebagian besar tidak terorganisir tetapi masih dapat mengumpulkan upaya dan membuat dampak.


Terlepas dari optimisme Shaheen bahwa sentimen perlawanan di Tepi Barat akan terus berlanjut, dia khawatir kebijakan represif Otoritas Palestina kemungkinan akan mengarah pada lebih banyak penindasan dan penganiayaan.


"Ada kesenjangan besar antara aspirasi jalanan Palestina dan aspirasi Otoritas Palestina," kata Shaheen.


Shaheen mengatakan Presiden Palestina Mahmoud Abbas sangat ingin agar pertempuran di Gaza diakhiri sehingga dia dapat memfokuskan upaya untuk kembali ke negosiasi dengan Israel dan menghidupkan kembali proses perdamaian.


Palestina Merayakan Dimulainya Gencatan Senjata Gaza Setelah 11 Hari Serangan Udara Israel


"Ada kesenjangan antara Otoritas Palestina di satu sisi, yang ingin menciptakan kembali kebijakan lama yang sama, dan seorang pemuda Palestina di sisi lain yang ingin menempa jalan baru untuk diri mereka sendiri," kata Shaheen.

Halaman:

Editor: Nisa Muslimah

Tags

Terkini

K.H. M. Djamaluddin Ahmad Wafat

Kamis, 24 Februari 2022 | 16:20 WIB
X