• Kamis, 9 Desember 2021

Arah Penulisan Sejarah: Webinar BEMP Pendidikan Sejarah FIS UNJ

- Kamis, 14 Januari 2021 | 18:48 WIB
humaedi
humaedi


Jakarta, Klikanggaran-- BEMP Pendidikan Sejarah FIS UNJ, di bawah Koordinasi Program Studi Pendidikan Sejarah UNJ, menyelenggarakan Seminar Nasional lewat zoom meeting bertajuk "Arah Penulisan Sejarah", pada Kamis, 14 Januari 2021.


Kresno Brahmantyo (UI), Wildan Sena (UGM) dan Sinta Ridwan (Filolog) menjadi narasumber dalam seminar nasional tersebut. Sementara M. Hasmi Yanuardi (Dosen Prodi Pendidikan Sejarah FIS UNJ) menjadi moderatornya. Seminar dengan pembawa acara oleh Venesia (Duta FIS UNJ) itu dihadiri 410 peserta dari berbagai daerah di Indonesia dan juga luar negeri.


-


Dalam sambutannya, Humaidi, Koordinator Prodi Pendidikan Sejarah FIS UNJ, mengatakan bahwa penulisan sejarah senantiasa berkembang dari masa ke masa, seiring ditemukan sumber baru dan interpretasi baru terhadap sumber. "Dimasa sekarang, sumber berupa naskah klasik, sumber digital dengan beragam pendekatan dapat dioptimalkan untuk memperkaya penulisan sejarah", tuturnya.


-


Dalam paparan pertama, Sinta Ridwan mengatakan bahwa saat kita menulis sejarah dengan metode yang baru, jangan lupa juga dengan keberlangsungan pembelajaran sejarah di sekolah. "siswa dapat diajak belajar lebih aktif, belajar dari pengalaman atau lingkungan sendiri", tutur Sinta.


Lebih lanjut Sinta mengajak agar siswa juga dapat diperkenalkan dengan manuskrip sejak dini lewat kolaborasi sejarah lokal dan sejarah lisan setempat serta merekontruksi ingatan historis menjadi ikatan emosional untuk memperkuat identitas dan karakter bangsa.


-


Pada bagian kedua, Wildan Sena menguraikan bahwa tantangan pengembangan pendekatan transnasional dalam penulisan sejarah sangat besar, tetapi agaknya kurang banyak dilakukan dibandingkan pendekatan sejarah lokal dan sejarah lainnya.

Halaman:

Editor: Tim Berita

Tags

Terkini

Bagaimana Drakor Meracuni Anda? Ini Contohnya

Senin, 29 November 2021 | 22:55 WIB

Jejak Islam di Bali

Sabtu, 27 November 2021 | 17:22 WIB

Pengen ke Bali Lagi? Jalan-Jalan ke Bukit Cinta, yuk!

Jumat, 26 November 2021 | 16:29 WIB

Nyai Sampur dalam Wisata Mistis Gunung Kawi

Rabu, 24 November 2021 | 16:31 WIB

Mengapa Hari Guru Nasional pada Tanggal 25 November?

Selasa, 23 November 2021 | 10:57 WIB

Cirebon Tidak Bisa Dilepaskan dari Sejarah Mataram

Senin, 22 November 2021 | 21:02 WIB

Syukur Waktu 10, Mari Bangkit dan Berkarya !!!

Selasa, 16 November 2021 | 21:28 WIB
X