• Jumat, 12 Agustus 2022

70 Persen Satwa Liar Dunia Selama 50 Tahun Terakhir Punah oleh Tangan Manusia

- Kamis, 10 September 2020 | 12:45 WIB
satwa liar punah
satwa liar punah


(KLIKANGGARAN)--Ukuran rata-rata populasi satwa liar telah anjlok lebih dari dua pertiga dalam waktu kurang dari 50 tahun karena deforestasi dan konsumsi berlebihan yang merajalela, kata para ahli pada Kamis, sebagai peringatan keras untuk menyelamatkan alam sekaligus menyelamatkan diri kita sendiri.


Aktivitas manusia telah sangat merusak tiga perempat dari seluruh daratan dan 40 persen lautan di bumi, dan percepatan perusakan alam kemungkinan besar memiliki konsekuensi yang tak terhitung pada kesehatan dan mata pencaharian, World Wildlife Fund (WWF) mengatakan dalam Laporan tahunan Living Planet.


Baca juga: Trump Tahu Virus Corona ‘Mematikan’, tetapi Meremehkannya: Buku Woodward


The Living Planet Index, yang melacak lebih dari 4.000 spesies vertebrata, memperingatkan bahwa peningkatan penggundulan hutan dan ekspansi pertanian adalah pendorong utama di balik penurunan rata-rata 68 persen populasi antara tahun 1970 dan 2016.


"Ini adalah penurunan akselerasi yang telah kami pantau selama 30 tahun dan terus mengarah ke arah yang salah," kata Direktur Jenderal Internasional WWF Marco Lambertini kepada kantor berita AFP.


“Tahun 2016 kita mendokumentasikan penurunan 60 persen, sekarang turun 70 persen.


"Semua ini dalam sekejap mata dibandingkan dengan jutaan tahun yang telah dihuni banyak spesies di planet ini," tambah Lambertini.


Laporan tersebut, sebuah kolaborasi antara WWF International dan Zoological Society of London, memperingatkan bahwa hilangnya habitat alami secara terus menerus meningkatkan risiko pandemi di masa depan karena manusia semakin dekat untuk melakukan kontak dengan hewan liar.


Baca juga: Ormas di Garut Cetak Uang Sendiri dan Ubah Lambang Garuda Pancasila

Halaman:

Editor: R Adhitya

Tags

Terkini

Gugatan Presidential Threshold Serba Dilema

Kamis, 7 Juli 2022 | 13:53 WIB

Remaja Mushola, PD Tampil sebagai MC

Jumat, 10 Juni 2022 | 19:38 WIB
X