• Sabtu, 20 Agustus 2022

Polri Sebut Seluruh Dunia Mendata Identitas Harun Masiku: Kecil Kemungkinan Lolos

- Selasa, 10 Agustus 2021 | 17:33 WIB
Harun Masiku 002
Harun Masiku 002


Jakarta,Klikanggaran.com - Red notice terhadap buron kasus dugaan korupsi, Harun Masiku, telah diterbitkan ke 194 negara yang tergabung ke dalam keanggotaan NCB Interpol. Polri mengaku yakin Harun Masiku tidak bisa lolos dengan mudah karena ratusan negara memantaunya.


"Kecil kemungkinan kalau subjek melintas melalui jalur resmi akan lolos. Sangat kecil kemungkinan," ujar Sekretaris NCB Interpol Indonesia Hubinter Polri Brigjen Amur Chandra Juli Buana kepada wartawan, Selasa (10-8-2021).


Amur menjelaskan seluruh dunia sudah mendata identitas Harun Masiku di masing-masing negara. Menurutnya, apabila Harun Masiku terdeteksi di pintu perbatasan negara, maka negara yang berhasil mendeteksi akan langsung mengambil tindakan.


"Interpol seluruh dunia sudah mendata dan meng-alert di setiap pintu perbatasan," ucapnya.


Lebih lanjut, Amur mengungkapkan kenapa identitas Harun Masiku tidak tercantum di situs Interpol. Dia menyebut itu adalah permintaan penyidik demi percepatan dan kerahasiaan.


Amur pun membeberkan sejumlah negara juga memilih tidak mem-publish tersangka di situs Interpol. Pasalnya, penerbitan red notice tersangka hanyalah untuk kepentingan penegakan hukum, bukan untuk dipublikasikan.


"Hampir sebagian besar keanggotaan Interpol dunia nggak publish tersangkanya. Mereka menyimpan tersangka dan membagikan khusus hanya untuk kepentingan penegakan hukum saja," imbuh Amur.


Diketahui, Harun Masiku merupakan tersangka kasus dugaan suap terkait urusan PAW anggota DPR dari PDIP yang meninggal, Nazarudin Kiemas. Bila mengikuti aturan suara terbanyak di bawah Nazarudin, penggantinya adalah Riezky Aprilia.


Namun Harun Masiku diduga berupaya menyuap mantan komisioner KPU Wahyu Setiawan agar dapat menjadi PAW Nazarudin. KPK turut menduga ada keinginan dari DPP PDIP mengajukan Harun.

Halaman:

Editor: M.J. Putra

Tags

Terkini

Pemda Luwu Utara Serahkan KUA-PPAS APBD 2023 ke DPRD

Jumat, 19 Agustus 2022 | 20:32 WIB
X