• Senin, 23 Mei 2022

Ferdinand Hutahaean: Mandalika Sejak Zaman SBY Sampai Sekarang Sama Saja

- Selasa, 24 Oktober 2017 | 06:41 WIB
images_berita_Okt17_HERI-Mandalik
images_berita_Okt17_HERI-Mandalik

Jakarta, Klikanggaran.com (24/10/2017) - Menarik sekali untuk dibahas terkait Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) yang pernah menjadi perdebatan panas di jagat media sosial.

Menurut Aktivis Muda Bela Rumah Rakyat, Ferdinand Hutahaean, Mandalika itu tidak atau belum selesai programnya. Ada banyak program di Mandalika yang dirancang, mulai dari hotel, resort, sampai pada wahana wisata.

Dijelaskan oleh Ferdinand, pembangunan Mandalika itu bukan sekedar pantai saja, tapi ada rangkaian panjang persiapan Mandalika. Mulai dari bandara hingga jalan by pass Lombok NTB.

"Semua itu rangkaian panjang meningkatkan seluruh kawasan Lombok, NTB," kata Ferdinand Hutahean dalam pesan singkatnya pada Klikanggaran.com, Selasa (24/10/2017).

Menurut Ferdinand, di dalam dokumen MP3EI Program Mandalika itu sendiri mulai 2011 sampai dengan 2030. Dan, jangka waktunya panjang, terutama karena melibatkan investor atau swasta. Jadi semua butuh waktu.

Terkat peresmian, Ferdinand mengatakan, apa yang diresmikan oleh Presiden Joko Widodo kemaren itu sama saja, sudah ada sejak zaman SBY.

"Toh kan, sama dengan apa yang sudah ada sejak SBY, tidak ada yang baru. Pantainya kan itu-itu saja. Hotelnya juga masih sama," tambahnya.

Jadi, masih menurut Ferdinand, peresmian yang dilakukan Jokowi bukan menandakan telah selesainya kawasan, tapi masih tetap merupakan rangkaian panjang dari program.

Berikut dokumen MP3EI tersebut :

Halaman:

Editor: Heryanto

Tags

Terkini

X