• Rabu, 29 Juni 2022

Hari Pahlawan, Melawan Korupsi di Pemkot Depok

- Kamis, 9 November 2017 | 07:40 WIB
images_berita_Okt17_HERI-Depok
images_berita_Okt17_HERI-Depok

Jakarta, Klikanggaran.com (9/11/2017) - Pada tanggal 10 November, bangsa Indonesia kembali mengingat jasa para pahlawan yang gugur dalam medan pertempuran melawan penjajah. Berawal dari mengingat jasa para pahlawan tersebut, pemerintah telah menetapkan pada hari itu sebagai Hari Pahlawan.

Dimana pada hari tersebut Indonesia diingatkan lagi akan peristiwa berdarah bangsa ini untuk merebut kekuasaan dari antek-antek asing (penjajah). Tidak hanya mengusir imperialisme dari bumi pertiwi ini, namun memperjuangkan hak freedom dalam negeri ini.

Para pahlawan yang gugur dalam masa itu, seyogyanya memiliki pesan dan makna tersirat akan perjuangan yang belum tuntas ini.

Sebagai contoh adalah perkataan dari Pahlawan Nasional dan juga Presiden Republik Indonesia Pertama, Ir Soekarno, yang mengatakan, "Perjuanganku lebih mudah karena mengusir penjajah, tapi perjuanganmu akan lebih sulit karena melawan bangsamu sendiri.”

Hal ini salah satu bukti, bahwa saat ini kita sedang melawan bangsa sendiri, yaitu dari korupsi dan ketidakadilan. Pada era korupsi yang kian merajalela di Indonesia ini, mestinya muncul para pahlawan baru untuk menuntaskan perjuangan yang belum usai.

Meski perjuangannya akan sulit dan berat, setidaknya, tidak menjadi besar pun kita bisa melakukan hal besar.

Ya, meski cuman mengawasi anggaran pemerintahan pusat maupun daerah, setidaknya ada tindakan untuk negeri agar lebih sejahtera lagi. Meski masih saja ditemukan adanya penyimpangan anggaran di Pemerintah Pusat maupun daerah.

Sebagai contoh, Klikanggaran.com menemukan, pada tahun 2016 di Pemerintah Kota Depok ada bukti pertanggungjawaban tiket pesawat sebesar Rp38.721.600 tidak menggambarkan kondisi yang sebenarnya. Dan, terdapat selisih kelebihan pembayaran sebesar Rp26.635.200 pada kegiatan kunjungan ke Kota Palu, Provinsi Sulawesi Tengah.

Hal ini adalah bentuk kejahatan atau potensi penyimpangan anggaran yang melangar ketentuan yang berlaku. Meski kecil nilainya, tetap pidananya tidak pernah hilang.

Halaman:

Editor: Heryanto

Tags

Terkini

Minyak Mentah Rusia Lebih Banyak Diimpor Uni Eropa

Minggu, 26 Juni 2022 | 08:40 WIB
X