• Sabtu, 27 November 2021

Forum Habaib, Ulama, dan Akademisi di UNJ

- Minggu, 22 September 2019 | 06:30 WIB
habib unj 1
habib unj 1


Klikanggaran.com, JAKARTA-- Pada Sabtu 21 September 2019, Universitas Negeri Jakarta (UNJ) mendapatkan kehormatan untuk menjadi tuan rumah pelaksanaan forum pertemuan akademisi, guru, dai, dan tokoh nasional dengan ulama besar dari Yaman yakni Habib Umar bin Hafiz dan ulama Al Azhar Syekh.Dr. Usamah al Azhary.


Hadir dalam forum tersebut beberapa ulama akademisi seperti Prof.Dr. Said Aqiel Husein al-Munawar, yang telah memukau hadirin dengan pembacaan ayat2 al-Quran yang menyentuh hati dan lantunan qasidah kerinduan terhadap baginda Rasulullah SAW. Hadir pula para ulama, habaib, dai, dan ustazat dari berbagai penjuru jabodetabek, seperti Majlis Muwasholah baina ulama al muslimin, Majelis Jalsah duat dan Majlis dzikir hubbul wathan, serta Habib Hamid Al Ghadrie, Habib Ahmad bin Jindan, Habib Novel bin Jindan dan KH.Hery Haryanto Azumi.


-


Dari akademisi UNJ, hadir beberapa dosen dari berbagai fakultas antara lain: Dr. Dianta Sebayang, Agung Dharmawan,Ph.d, Achmad Fuazi, Edo Siregar (FE), Muh Jafar Amirudin,MT (FT), Dr. Abdul Fadhil (FIS), Humaidi (FIS), Dr. Tarmiji (FIS), Hendrawanto,MA (FBS), dan civitas akademika lainnya.


Diskusi yang dimoderatori oleh Ulama dan Dosen FIS UNJ, Dr. Andy Handyanto, menyampaikan pentingnya acara dilaksanakan agar mendapatkan wawasan yang lebih luas terhadap berbagai permasalahan yang lagi dihadapi umat Islam. Syekh Dr. Usamah Azhari (mesir) dalam paparannya mengingatkan bahwa Islam sangat menekankan 4 hal penting agar dapat menjadi pelopor pengembangan peradaban, 1) cinta tanah air, 2) hubungan dengan masyarakat yang didasari semangat keadilan dan memberikan kebaikan, 3) sinergi umat untuk melawan gerakan takfiry dan anti nasionalisme, dan 4) penguatan nilai-nilai Islam untuk membangun peradaban. Beliau juga menegaskan bahwa Islam adalah hadiah terindah bagi umat manusia agar mereka mencintai tanah air, kehidupan, dan kedamaian.


-


Pada sesi kedua, Habib Umar bin Hafiz (Yaman) mengingatkan pentingnya semangat keterbukaan agar saling mengenal untuk mempersatukan hati, saling melengkapi, dan saling bekerjasama dan memanfaatkan satu sama lain. Beragama yang benar menurut beliau tidak akan bertentangan dengan akal sehat, tidak ada ajaran agama yg membuat pemeluknya bangga membunuh, senang utk menghancurkan, atau gembira utk melihat kesengsaraan org lain. Atas dasar itu agar keberagamaan menjadi faktor utama untuk membangun harmoni dan peradaban, ia harus didasari dua hal yaitu: pemahaman agama yg benar, dan pemanfaatan akal yang benar.


Di akhir forum habib umar mendoakan bangsa indonesia dan seluruh negeri muslim agar diberikan kedamaian dan solusi terhadap semua problematika mereka, beliaupun mendoakan khusus UNJ sebagai tuan rumah agar menjadi kampus yang dapat memancarkan energi kebaikan dan kemajuan bagi bangsa, negara, dan umat manusia.


Acara yang dihadiri sekitar 380 peserta ini dilaksanakan di gedung UTC lt 8 kampus A UNJ dan berlangsung dari jam 08.00-13.00 WIB.

Halaman:

Editor: Tim Berita

Tags

Terkini

Jejak Islam di Bali

Sabtu, 27 November 2021 | 17:22 WIB

Pengen ke Bali Lagi? Jalan-Jalan ke Bukit Cinta, yuk!

Jumat, 26 November 2021 | 16:29 WIB

Nyai Sampur dalam Wisata Mistis Gunung Kawi

Rabu, 24 November 2021 | 16:31 WIB

Mengapa Hari Guru Nasional pada Tanggal 25 November?

Selasa, 23 November 2021 | 10:57 WIB

Cirebon Tidak Bisa Dilepaskan dari Sejarah Mataram

Senin, 22 November 2021 | 21:02 WIB

Syukur Waktu 10, Mari Bangkit dan Berkarya !!!

Selasa, 16 November 2021 | 21:28 WIB
X