• Minggu, 23 Januari 2022

Review Buku “The Gate to China” oleh Michael Sheridan: “The World According to China” oleh Elizabeth C Economy

- Senin, 29 November 2021 | 14:38 WIB
The Gate to China” oleh Michael Sheridan (dauntbooks.co.uk)
The Gate to China” oleh Michael Sheridan (dauntbooks.co.uk)


KLIKANGGARAN--Merayakan sesi pleno ke-6 Komite Sentral ke-19 awal bulan ini, Partai Komunis China mengumumkan cerita lain tentang pencapaiannya yang luar biasa. Banyak halaman didedikasikan untuk tindakan hati-hati dan benar-benar sempurna dari Xi Jinping, yang saat ini berada di posisinya saat ini.

Ketua Xi telah mengumpulkan simpanan integritas teritorial yang cukup besar dan mengoreksi kesalahan masa lalu, seperti yang bisa dia katakan. Katalog tersebut menyoroti kontrak yang tidak setara antara China dengan Inggris di abad ke-19. Batuan yang tidak menarik, yang kehilangan hampir semua sumber daya alam di luar pelabuhan yang dalam dan aman, tumbuh menjadi salah satu masyarakat yang paling dinamis dan makmur.

Fakta bahwa Hong Kong berhasil di bawah pemerintahan kolonial Inggris terutama disebabkan oleh Cina. Karena kedekatannya, Hong Kong dapat memainkan peran penting sebagai perantara antara China dan dunia perdagangan, keuangan, dan investasi.

Namun, kedekatannya juga memungkinkan Hong Kong untuk memanfaatkan bakat dan energi jutaan orang yang telah meninggalkan China sejak tahun 1949, di mana kemenangan PKC dalam Perang Saudara China menyebabkan arus keluar sekitar 100.000 orang setiap hari.

Baca Juga: Siapakah Virgil Abloh, Direktur Artistik Louis Vuitton setelah Berjuang Melawan Kanker?

Ketika jumlahnya mencapai 3 juta pada tahun 1950, pemerintah Hong Kong dengan enggan menutup perbatasan. Arus pengungsi berlanjut melalui kebijakan Lompatan Jauh ke Depan yang mengerikan pada akhir 1950-an dan Revolusi Kebudayaan 1960-an, meskipun Beijing berupaya meyakinkan publik bahwa kehidupan di Republik Rakyat China lebih baik.

Kontribusi PKC tertentu terhadap keberhasilan Hong Kong tidak mungkin muncul dalam sejarah resmi partai, tetapi memang benar, seperti yang diceritakan Michael Sheridan dalam sejarah barunya yang lengkap tentang koloni unik ini, dalam pembentukan strategi Deng Xiaoping untuk menghidupkan kembali nasib putus asa China setelah 30 tahun revolusi Maois.

Dalam sebuah episode yang menceritakan, Sheridan merinci kunjungan pertama pejabat China ke Hong Kong pada tahun 1977, dari China yang dilanda kemiskinan.

Apa yang mereka pelajari di sana, termasuk kontras yang mengejutkan antara perdagangan Hong Kong senilai US$19,6 miliar dan US$14,8 miliar untuk seluruh China, menginformasikan kebijakan Deng untuk membuka dunia, dimulai dengan "zona ekonomi khusus" pertama di Shenzhen, hanya melewati perbatasan.

Halaman:

Editor: Insan Purnama

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X