• Home
    • Terkini

      loading...
    • Terpopuler

      loading...
  • Peristiwa
    • Peristiwa Terkini

      loading...
  • Anggaran
    • Anggaran Terkini

      loading...
  • Kebijakan
    • Kebijakan Terkini

      loading...
  • Korupsi
    • Korupsi Terkini

      loading...
  • Opini
    • Opini Terkini

      loading...
  • Politik
  • Bisnis
    • Bisnis Terkini

      loading...

Pali, Klikanggaran.com (1/7/2017) - Merasa keluhan dan aspirasi masyarakat di daerah, terutama masyarakat yang berada di kawasan pedesaan tidak sampai ke tingkat nasional, membuat sejumlah anak muda di Kabupaten Pali kecewa dan mulai berpikir. Apa yang harus dilakukan dalam menyongsong pemilu legislatif pada 2019 yang akan datang.

"Saya kecewa dengan para wakil rakyat, khususnya yang berasal dari pemilihan Sumatera Selatan," ujar Juliyanto (27), warga Desa Betung Selatan, Kecamatan Abab, Kabupaten Pali, pada klikanggaran.com, Jumat (30/06/17).

Ia mencontohkan soal kesejahteraan. Menurut Juli, masyarakat di pedesaan khususnya para petani karet, nasibnya sangat memperihatinkan saat ini. Dimana harga karet yang mayoritas digeluti oleh sebagian besar masyarakat Pali anjlok. Turun drastis hingga menyentuh level Rp4.000 /kg dari harga tertingginya beberapa tahun silam, yang pernah menyentuh harga hingga mencapai Rp16.000 /kg.

"Mengapa isu dan keluhan petani karet itu tidak diangkat di tingkat nasional oleh para wakil rakyat kita? Saya yakin mereka tahu kondisi ekonomi masyarakat kita sekarang ini," paparnya kecewa.

Juli berharap pada pileg 2019 yang akan datang ada putra asli Pali yang benar-benar tahu dan memahami kondisi dan kultural budaya masyarakat Pali. Sehingga bisa memperjuangkan persoalan-persoalan pokok yang sedang dihadapi masyarakat Pali di tingkat pusat.

"Sehingga bisa dicarikan solusinya," tutur Juli.

Lain halnya yang disampaikan Suharto (28), warga Kecamatan Abab. Pada pileg 2019 yang akan datang, dirinya siap untuk menyukseskan siapapun putra dan putri asli Pali yang berniat maju menjadi caleg DPR -RI untuk memperjuangkan dan menyerap aspirasi masyarakat Pali. Termasuk nama yang santer dibicarakan di pemberitaan, Garnawi, S.E., M.Si.

"Saya selaku anak muda siap mendukung siapapun yang ingin berbuat untuk kesejahteraan masyarakat, khususnya yang berada di wiliyah Kabupaten Pali," tegasnya.

Tak hanya itu, dukungan untuk Garnawi juga disampaikan oleh perwakilan insan media, Fujiyanto. Menurut Fuji, dirinya tahu betul betapa pentingnya seorang wakil rakyat di tingkat pusat mewakili konstituen di daerah pemilihannya. Dengan begitu, keluhan, aspirasi, dan problem yang sedang dihadapi masyarakat bisa disampaikan di forum dewan resmi maupun diplomasi.

"Karena wakil rakyat selain mitra kerja pemerintah, mereka tentunya sangat dekat dengan lingkaran kekuasaan yang notabane para pengambil kebijakan," ungkap Fuji.

Sementara itu, Garnawi, S.E., M.Si saat diberitahukan perihal dukungan tersebut mengaku, dirinya siap jika memang adik-adik dan masyarakat PALI betul-betul menghendaki dan menginginkan dirinya untuk maju menjadi calon legislatif (caleg) DPR-RI di pemilihan legislatif pada 2019 yang akan datang.

"Insya Allah saya siap maju di pileg 2019 yang akan datang," ujar pria asli Desa Purun, Kecamatan Penukal, yang juga aktif berkecimpung dalam dunia akademisi dan aktivis tersebut saat dihubungi klikanggaran.com via telephone genggamnya, Jumat (30/06/17).

Ditambahkan oleh Garnawi, dirinya turut perihatin atas carut-marut dan lemahnya perekonomian masyarakat Sumatera Selatan. Khususnya Kabupaten Pali yang sangat bergantung pada harga komodity pertanian utamanya karet.

"Kalau kita data, mungkin lebih dari 60% masyarakat Pali berprofesi sebagai petani. Nah, pemerintah pusat harus tahu tentang keadaan ini. Harus ada kebijakan jangka panjang serta win-win solution yang berpihak kepada para petani untuk mengatasi permasalahan tersebut," tuturnya.

"Itulah hakekatnya wakil rakyat, memperjuangkan kepentingan rakyat yang tentunya tanpa mengurangi tanggung jawab demi kepentingan kita bersama, bangsa dan negara, serta daerah yang lebih besar. Insya Allah, jika Allah SWT menghendaki dan masyarakat mendukung, saya siap maju di pileg 2019 yang akan datang," tutup Garnawi.

 

Berita Terkini

loading...

Berita Terpopuler

loading...