• Selasa, 7 Februari 2023

Peluncuran Buku Poros Mataram Islam

- Kamis, 1 Desember 2022 | 14:42 WIB
Peluncuran Buku Poros Mataram Islam (Dok. Istimewa)
Peluncuran Buku Poros Mataram Islam (Dok. Istimewa)

KLIKANGGARAN -- Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) DIY, Selasa 29 November 2022 meluncurkan buku karya pelajar yang berjudul Poros Mataram Islam, Kotagede-Kerta Plered- Imogiri.

Peluncuran buku yang disunting oleh Lilik Suharmaji dan Agus Tony Widodo tersebut bertempat di Gerbang Plered Bantul Yogyakarta.

Buku ini sebenarnya hasil dari seminar Poros Mataram yang diadakan oleh Dinas Kebudayaan DIY pada bulan Okotober- November 2021.

Setelah seminar para siswa SMA/ MA/ SMK dipersilahkan untuk menulis sesuai dengan tema dan kemudian dilombakan. Hasil dari tulisan itu kemudian diterbitkan oleh Dinas Kebudayaan DIY. Setelah melalui beberapa proses kemudian buku itu dapat diluncurkan pada 29 November 2022.

Baca Juga: Inilah Curhatan Pilu Amanda Zahra saat Isu Dugaan Perselingkuhan Guiddo Ilayasa dan Arawinda Ramai Disoroti

Dalam peluncuran itu Agus Suwarto, S.Sos selaku Kepala Seksi Pengembangan Warisan Budaya Benda yang mewakili Kepala Dinas Kebudayaan DIY dalam sambutannya mengatakan bahwa peluncuran buku Poros Mataram Islam sengaja dilakukan bersamaan dengan rangkaian Festival Poros Mataram Islam yang diselenggarakan pada 26, 28 dan 30 November 2022 agar masyarakat semakin memahami arti pentingnya peninggalan Kerajaan Mataram Islam seperti Kotagede, Kerta-Plered dan Imogiri.

Dalam peluncuran itu menghadirkan nara sumber Lilik Suharmaji, Wahyu Indrasana, dan Jujun Kurniawan.

Lilik Suharmaji dalam kesempatan itu mengatakan bahwa Istana Kotagede yang dibangun oleh Senapati dan diteruskan oleh para penggantinya merupakan awal dari kebudayaan keraton-keraton berikutnya.

Baca Juga: Bharada Richard Eliezer Bongkar Peran Putri Candrawathi dalam Rencana Pembunuhan Brigadir J

Halaman:

Editor: Kitt Rose

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X