Inilah Sejarah Panjat Pinang yang Selalu Digelar di setiap Peringatan HUT Kemerdekaan RI 17 Agustus 1945

- Rabu, 17 Agustus 2022 | 01:20 WIB
Ilustrasi Lomba Panjat Pinang (Freepik/@user10038767)
Ilustrasi Lomba Panjat Pinang (Freepik/@user10038767)

KLIKANGGARAN -- Sebagaimana diketahui bahwa lomba Panjat Pinang sangat identik dengan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia, 17 Agustus 1945.

Bagaimana tidak, lomba panjat pinang di setiap penjuru di seluruh Indonesia selalu jadi hiburan dalam rangka memperingati HUT kemerdekaan RI.

Namun tahukah kalian sejarah lomba panjat pinang yang selalu digelar dalam rangka memperingati HUT kemerdekaan RI 17 Agustus 1945?

Baca Juga: Kronologi Polisi Tembak Mati Warga di Manado di Depan Anaknya Berusia 13 Tahun, Warganet: Apa-apaan Lagi ini!

Dikutip dari Wikipedia, Panjat pinang adalah perlombaan yang dilakukan dengan memanjat pohon pinang (atau pohon lainnya) yang sudah dikuliti dan diberi cairan pelicin, untuk memperebutkan barang-barang yang digantungkan di atasnya, biasanya diadakan untuk memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia.

Perlombaan panja pinang merupakan salah satu lomba tradisional yang populer di kalangan masyarakat pada perayaan HUT kemerdekaan Republik Indonesia.

Sejarahnya, Panjat pinang berasal dari zaman penjajahan Belanda.

Baca Juga: Siapa Mahesa dalam Tagar Save Mahesa yang Trending di Twitter Sebenarnya? Inilah Penjelasannya!

Lomba panjat pinang diadakan oleh orang Belanda jika sedang mengadakan acara besar seperti hajatan, pernikahan, dan lain-lain.

Halaman:

Editor: Kitt Rose

Sumber: Wikipedia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X