• Kamis, 29 September 2022

Inilah Alasan Mengapa Pandemi COVID-19 di Indonesia belum Menjadi Endemi, Singgung WHO!!

- Rabu, 1 Juni 2022 | 07:17 WIB
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyatakan, Indonesia tidak bisa memutuskan sendiri transisi pandemi Covid-19 menuju endemi. Keterangan diberikan usai rapat terbatas di Istana Merdeka, Selasa (31/5/2022) (setkab.go.id)
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyatakan, Indonesia tidak bisa memutuskan sendiri transisi pandemi Covid-19 menuju endemi. Keterangan diberikan usai rapat terbatas di Istana Merdeka, Selasa (31/5/2022) (setkab.go.id)

KLIKANGGARAN – Presiden Jokowi, Senin (30/5/2022) menyatakan, Pandemi COVID-19 di Indonesia sudah melandai dan aktivitas masyarakat sudah kembali normal. Publik pun kemudian bertanya, apakah COVID-19 di Indonesia akan berubah ke Endemi?

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyatakan, Indonesia tidak mengambil keputusan sendiri untuk menentukan pandemi COVID-19 telah menjadi endemi.

Alasannya karena pandemi COVID-19 merupakan pandemi global sehingga keputusan untuk menentukan apakan sudah berubah menjadi endemi, keputusannya harus dikoordinasikan dengan Badan Kesehatan Dunia atau WHO.

Baca Juga: Luna Bagikan Foto Berdua Bareng Siwon Super Junior, Mungkinkah Mereka Jadian?

“Ini pandemi global Indonesia tidak bisa mengambil keputusan sendiri mengenai ini sudah menjadi endemi,” demikian penjelasan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam keterangannya di Kantor Presiden, Jakarta, usai mengikuti Rapat Terbatas (Ratas) yang dipimpin oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), Selasa (31/05/2022).

Syarat Transisi ke Endemi
Lebih lanjut Menkes Budi Gunadi Sadikin menyatakan, ada sejumlah pertimbangan untuk memutuskan transisi pandemi COVID-19 menuju endemi.

Baca Juga: Ridwan Kamil Ganti Foto Profil Akun Instagramnya dengan Foto Eril

Salah satunya adalah adanya kesadaran masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan. Menkes menyatakan, pemerintah secara bertahap akan memindahkan tanggung jawab menjaga kesehatan ke masing-masing individu.

“Kalau itu sudah berhasil masyarakat sudah paham, sudah teredukasi dengan baik, sudah memahami bagaimana protokol kesehatan seharusnya, sudah memiliki judgement kapan mesti melakukan apa, itu adalah ciri-ciri penyakit yang sudah menjadi endemi,” ujarnya.

Halaman:

Editor: Muslikhin

Sumber: Setkab.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X