• Minggu, 14 Agustus 2022

Waduh, Gawat, Pfizer Tarik Kembali Obat-obatan yang Dapat Menyebabkan Kanker

- Rabu, 23 Maret 2022 | 09:08 WIB
Ilustrasi vaksin Pfizer (indiatoday)
Ilustrasi vaksin Pfizer (indiatoday)

KLIKANGGARAN--Perusahaan Farmasi Raksasa Amerika Serikat, Pfizer, mengumumkan pada hari Senin bahwa pihaknya menarik obat Accuretic bersama dengan dua versi generiknya, mengutip tingkat zat yang sangat tinggi yang menurut regulator AS dapat menyebabkan kanker.

Orang yang menggunakan obat tekanan darah untuk mengurangi risiko stroke dan serangan jantung disarankan untuk mencari alternatif, kata Pfizer dikutip RT.com.

Beberapa "tercemar" banyak Accuretic dan dua versi generik resmi obat (quinapril HCl/hydrochlorothiazide) yang didistribusikan oleh Greenstone ditemukan memiliki kadar N-nitroso-quinapril di atas Acceptable Daily Intake (ADI) yang ditetapkan oleh regulator AS, kata Pfizer dalam sebuah pernyataan.

Pfizer memberikan nomor lot dan informasi lain untuk mengidentifikasi lot yang buruk dari obat-obatan tersebut.

Baca Juga: Satu Orang Penambang Pasir Tewas di Tempat dan Satu Korban Luka Akibat Tebing Longsor di Tasikmalaya

Sementara setiap orang terpapar nitrosamin pada tingkat tertentu, "kotoran ini dapat meningkatkan risiko kanker jika orang terpapar di atas tingkat yang dapat diterima dalam jangka waktu yang lama," catat Pfizer.

Perusahaan tidak merinci tingkat nitrosamin apa yang terdeteksi di lot yang tercemar, tetapi mengatakan bahwa obat tersebut memiliki “profil keamanan yang telah ditetapkan selama 20 tahun izin edar dan melalui program klinis yang kuat,” serta bahwa mereka “ tidak mengetahui laporan efek samping yang telah dinilai terkait dengan penarikan ini.”

Pfizer yakin profil manfaat/risiko produk tetap positif berdasarkan data yang tersedia saat ini,” kata pernyataan itu. Penarikan itu murni sukarela dan dilakukan "dengan sepengetahuan" Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA).

Baca Juga: Terkenal Banyak Melahirkan Orang-Orang Sukses, Perantau Asal Desa Tempirai, PALI Gelar Diskusi

Halaman:

Editor: Insan Purnama

Sumber: rt.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X