• Selasa, 28 Juni 2022

Bocor 'Pandora Papers': Elite Dunia Gunakan Perusahaan Offshore Hindari Pajak, Adakah dari Indonesia?

- Senin, 4 Oktober 2021 | 06:27 WIB
Raja Abdullah II, namanya disebut-sebbut dalam laporan oleh International Consortium of Investigative Journalists (ICIJ) (IG/kingabdullahiijofans)
Raja Abdullah II, namanya disebut-sebbut dalam laporan oleh International Consortium of Investigative Journalists (ICIJ) (IG/kingabdullahiijofans)


'Pandora Papers' tampaknya menunjukkan bagaimana beberapa elite dunia mengumpulkan kerajaan properti sambil menghindari jutaan pajak, sementara laporan bocor itu berfokus pada pemimpin Eropa, Timur Tengah dan Amerika Selatan, dan selebriti terkenal di dunia.

Diperoleh dari 14 lembaga perbankan luar negeri dan dianalisis oleh International Consortium of Investigative Journalists (ICIJ), 'Pandora Papers' mengungkapkan kecurangan keuangan lebih dari 100 miliarder, 35 pemimpin dunia saat ini dan mantan, dan 300 pejabat publik. Putaran pertama informasi, diserahkan ke daftar pilihan outlet internasional dan dipelajari oleh “600 jurnalis,” diterbitkan pada hari Minggu, dilansir RT.com.

Menurut ICIJ,sebagaimana diungkapkan dalam 'Pandora papers', Raja Abdullah II dari Yordania adalah pengguna produktif perusahaan cangkang untuk mengelola kerajaan properti globalnya.

Baca Juga: Kalahkan Pesebaya, PSIS Perpanjang Rekor. Bhayangkara FC Kokoh Dipuncak Klasemen

Raja Abdullah II dilaporkan menggunakan 36 perusahaan ini dari 1995 hingga 2017 untuk membeli 14 properti mewah di AS dan Inggris senilai lebih dari $ 106 juta.

Pengacara sang raja mengatakan dia menggunakan perusahaan pengganti ini untuk menjaga privasinya daripada untuk menghindari pajak.

Keluarga Aliyev yang berkuasa di Azerbaijan telah memperdagangkan properti Inggris senilai hampir $500 juta dalam beberapa tahun terakhir, menurut kebocoran tersebut.

Salah satu properti ini dijual oleh perusahaan depan milik Aliyev ke the Queen’s crown estate seharga $ 90 juta.

Baca Juga: Prakiraan Cuaca Jakarta Hari ini, 4 Oktober 2021. Jakarta Selatan dan Timur Berpotensi Hujan Disertai Petir

Halaman:

Editor: Insan Purnama

Sumber: rt.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Minyak Mentah Rusia Lebih Banyak Diimpor Uni Eropa

Minggu, 26 Juni 2022 | 08:40 WIB
X