• Rabu, 19 Januari 2022

Pemerintah OKI Gugah Kesadaran Keselamatan Transportasi Air bagi Warga Pesisir

- Kamis, 30 September 2021 | 18:55 WIB
Sosialisasi keselamatan transportasi air Pemkab OKI (Dok.DiskominfoOKI)
Sosialisasi keselamatan transportasi air Pemkab OKI (Dok.DiskominfoOKI)

OKI, Klikanggaran.com - Kementerian Perhubungan melalui Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah VII Sumsel dan Babel bersama Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir (Pemkab OKI) melakukan sosialisasi keselamatan pelayaran angkutan sungai, danau, dan penyeberangan. Sosialisasi keselamatan trasnpotasi air ini dilakukan di Desa Kuala Dua Belas, Kecamatan Tulung Selapan, Kabupaten OKI, Rabu, September 2021.

Kesadaran keselamatan transportasi air merupakan upaya untuk mengurangi risiko kecelakaan, khususnya kepada masyarakat yang menggunakan transportasi air untuk aktivitas sehari-hari, termasuk bagi peserta didik di wilayah perairan itu.

Kepala Seksi Transportasi Sungai, Danau dan Penyeberangan BPTD VII Sumsel Babel, Indah Novianti, mengatakan, keselamatan transportasi air dalam hal ini pelayaran angkutan sungai, danau, dan penyeberangan menjadi tanggung jawab semua pihak, termasuk masyarakat pengguna.

Baca Juga: Menanggapi Warkopi, Indro Warkop Bilang Kasihan

“Selain kelayakan kapal dan edukasi kepada para nahkoda, kita juga ingin menggugah kesadaran masyarakat pengguna moda transportasi air agar mengutamakan keselamatan,” ujar Indah.

Hal ini disampaikan Indah kepada orang tua siswa yang anaknya menggunakan penyeberangan sungai dalam aktivitas ke sekolah.

“Terkait anak-anak yang menyeberangi sungai dengan styrofoam, kita gugah orang tua dan masyarakat sekitar agar benar-benar jadi perhatian, karena jelas-jelas styrofoam bukan moda angkutan yang aman,” terang dia.

Baca Juga: Dompet Dhuafa dan Kimia Farma Buka Klinik Apung untuk Melayani Kesehatan Masyarakat NTB: Seminar Daring

Pada kesempatan itu, BPTD VII Sumsel Babel, perwakilan direktorat ASDP, Jasa Raharja Cabang Palembang, Dishub OKI, Diskominfo OKI dan Camat Tulung Selapan membagikan puluhan life jacket (pelampung) bagi nahkoda dan penumpang di Desa Kuala Dua Belas, juga kepada nahkoda speed boat di dermaga Tulung Selapan OKI.

Halaman:

Editor: Kitt Rose

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gempa Bumi Banten Kembali Mengguncang Pagi Ini

Senin, 17 Januari 2022 | 08:13 WIB
X