• Rabu, 8 Desember 2021

Bertambah Dua Tersangka Kasus Suap Dirjen Pajak, Kini Jadi 8 Orang, Salah Satunya Kepala Pajak Bantaeng

- Kamis, 11 November 2021 | 20:00 WIB
Nurul Ghufron
Nurul Ghufron

KLIKANGGARAN – Tersangka kasus suap Dirjen Pajak kini bertambah dua orang lagi, dari sebelumnya enam orang.

Dua tersangka baru tersebut adalah Kepala Pajak Bantaeng Sulawesi Selatan Wawan Ridwan dan Alfred Simanjuntak fungsional pemeriksaan pajak pada Kanwil DJP Jawa Barat 2.

Penetapan kedua tersangka baru tersebut menurut Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron berdasarkan pengembangan dugaan suap dengan terdakwa Angin Prayitno Aji.

Wawan Ridwan dijadikan tersangka karena terkait pemeriksaan perpajakan 2016-2017 di Direktorat Jenderal Pajak, Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Sedangkan Alfred Simanjuntak saat itu merupakan Ketua Tim Pemeriksa di Direktorat Pemeriksaan dan Penagihan, Ditjen Pajak.

Baca Juga: Saipul Jamil Pamer Surat Laporan, 'Surat Cinta untuk Seorang Psikolog', Farhat Abbas Bilang Sudah Keterlaluan

"Dari informasi, data dan mencermati fakta persidangan terdakwa Angin Prayitno, serta ditemukan adanya bukti permulaan yang cukup, KPK melakukan penyelidikan dan meningkatkan status perkara ini ke penyidikan pada awal November 2021 ini dengan menetapkan tersangka WR," jelas Ghufron kepada wartawan, Kamis 11 November 2021.

Atas perbuatannya, Wawan disangkakan melanggar Pasal 12 huruf a atau Pasal 12 huruf b atau Pasal 11 Undang-Undang Nomor 31 tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUH Pidana dan Pasal 12 B Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan Atas UndangUndang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Baca Juga: Kejaksaan Jombang Tunjuk Tiga Jaksa setelah Sopir Vannesa Angel jadi Tersangka kasus Kecelakaan Tunggal

Kini setedengan tambahan dua tersangka, maka dalam kasus dugaan korupsi di Ditjen Pajak Kementerian Keuangan menjadi 8 orang, karena KPK sebelumnya telah menetapkan enam orang tersangka yaitu:

Halaman:

Editor: Muslikhin

Sumber: PMJ News

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X