• Sabtu, 27 November 2021

KPK Menduga Suap Rp5,6 M ke 10 Anggota DPRD Muara Enim Agar Tak Ganggu Program

- Minggu, 3 Oktober 2021 | 13:47 WIB
10 anggota DPRD Muara Enim digiring menuju jumpa pers  (Klikangaran/Budi_S)
10 anggota DPRD Muara Enim digiring menuju jumpa pers (Klikangaran/Budi_S)


Palembang, Klikanggaran.com--KPK telah menetapkan sebanyak 10 anggota DPRD Muara Enim sebagai tersangka dalam kasus dugaan tindak pidana korupsi penerimaan hadiah atau janji terkait pengadaan barang dan jasa di Dinas PUPR dan Pengesahan APBD Kabupaten Muara Enim Tahun 2019.

Ke-10 anggota DPRD Muara Enim tersebut diketahui aktif sebagai wakil rakyat periode 2019-2024. Mereka yakni, IG, IJ, AYS, ARK, MS, MD, MH, FR, SB, dan PR.

Perkara yang menjerat para anggota DPRD Muara Enim ini bermula dari kegiatan tangkap tangan KPK pada 2 September 2019, dimana pada prosesnya telah menetapkan 6 orang lainnya sebagai tersangka.

Baca Juga: Gubernur Jabar Ridwan Kamil Tantang Bima Arya dan Henky Kurniawan, Ini Pasalnya

Lembaga antirasuah tersebut selanjutnya melakukan pengumpulan informasi dan data, sehingga menemukan adanya bukti permulaan yang cukup dan berbagai fakta hukum selama proses persidangan dalam perkara awal dengan Terdakwa Mantan Bupati Muara Enim Ahmad Yani, dkk.

Hingga pada akhirnya, KPK melakukan penyelidikan dan meningkatkan status perkara ini ke tahap penyidikan pada bulan September 2021 dengan menetapkan 10 orang Anggota DPRD Muara Enim sebagai tersangka.

Yang menarik menurut KPK, Para tersangka diduga menerima uang selaku Anggota DPRD agar tidak mengganggu program-program Pemerintah Kabupaten Muara Enim khususnya terkait dengan pengadaan barang dan jasa di Dinas PUPR Kabupaten Muara Enim Tahun 2019.

Baca Juga: Vaksin Sputnik V Rusia Bakal Disetujui WHO setelah Berbulan-bulan Digantung! Hadeuh Kasihan

Para Tersangka diduga menerima uang total senilai Rp5,6 Miliar, dengan nominal masing-masing bervariasi dari Rp50 juta hingga Rp500 juta.

Uang tersebut diduga digunakan oleh para Tersangka untuk kepentingan mengikuti pemilihan Anggota DPRD Kabupaten Muara Enim pada saat itu.***

Halaman:

Editor: Insan Purnama

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X