• Selasa, 18 Januari 2022

Jejak Islam di Bali

- Sabtu, 27 November 2021 | 17:22 WIB
Berbagai bukti sejarah keberadaan Islam di Bali (Facebook/Nyai_Sampur)
Berbagai bukti sejarah keberadaan Islam di Bali (Facebook/Nyai_Sampur)

KLIKANGGARAN--Hai pembaca, kembali dengan Nyai Sampur, kembali dengan spiritual dan Bali, mengapa Bali? Karena Bali adalah rumah bagi saya sejak tahun 1998 yang lalu. Ada sebagian orang yang tidak paham Bali, lalu berpikir Bali hanya tentang Hindu, atau malahan tidak jarang yang punya opini ada diskriminatif bagi muslim di Bali, tanpa ada bukti, hanya berdasarkan omong kosong yang terbawa angin.

Ayo, saya ajak pembaca melihat Jejak Islam di Bali yang masih terpelihara dan terjaga baik hingga saat ini.

Saya bukan seorang Muslim, tetapi saya pecinta budaya dan jejak sejarah, dengan bekal ini, sengaja saya mencari dan datang pada jejak Islam yang masih jelas terlihat di Bali, semuanya masih terjaga sangat apik oleh pemeluk Muslim di tanah Dewata ini.

Bahkan saya melihat pecalang adat Bali maupun Desa adat Bali ikut menjaga peninggalan Islam di tanah seribu Pura ini, hal ini mematahkan opini sebagian orang bahwa di Bali ada diskriminasi Agama. Ah, kasihan sekali yang begitu saja percaya lalu menyebarkan kabar tidak benar ini, sehingga kesatuan bangsa kita terluka.

Baca Juga: Ketua YLKI: Sesuai dengan Regulasi Pertamina, Layanan Toilet SPBU Gratis!

Di desa Candi Kuning kecamatan Baturiti bedugul tepat di depan danau Beratan ada sebuah Masjid yang berdiri megah dan bagi saya sangat indah. Namanya Masjid Besar Al- Hidayah.

Masjid yang lebih di kenal dengan nama Masjid Candi Kuning ini berdiri di lereng bukit. Dari atas Majid ini kita bisa melihat indahnya Pura Ulun Danu Beratan. Masjid ini sangat menyatu dengan masyarakat Hindu Bali, hal ini membuat semua menjadi harmoni dengan toleransi beragama yang sangat kuat dan indah.

Masjid Besar Al- Hidayah ini mempunyai lembaga pendidikan madrasah dari berbagai tingkatan, Ibtidaiyah, Tsanawiyah sampai Aliyah.

Masyarakat Muslim di daerah ini, kebanyakan berasal dari Lombok, Nusa Tenggara Barat, konon menurut sejarah, Lombok berada di bawah kekuasaan kerajaan Gelgel di Bali. Yang kemudian di kuasai oleh kerajaan Karangasem sebagai pecahan Gelgel.

Halaman:

Editor: Insan Purnama

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Juragan99 Sebut Persib Alay, Viking Meradang

Rabu, 22 Desember 2021 | 15:20 WIB
X