• Minggu, 5 Desember 2021

Lima Makanan Khas Tradisional Cianjur Patut Dicoba ketika Kamu Sedang Berwisata di Sana, Yuk Kita Kepoin!

- Senin, 20 September 2021 | 12:10 WIB
Geco, salah satu kuliner legendaris Cianjur (Historia/Hendi Jo)
Geco, salah satu kuliner legendaris Cianjur (Historia/Hendi Jo)

Cianjur, Klikanggaran.com-- Hai, Penikmat Kuliner Tradisonal, Selamat Siang! Sebentar lagi waktunya makan siang nih. Udah punya pilihan makan apa siang ini? Nah, bagi yang belum punya pilihan makan siang, dan kebetulan berada di Cianjur, Jawa Barat, sepertinya bisa mencoba beberapa makanan khas tradisional Cianjur.

Sementara untuk kali ini, cukup lima dulu ya makanan khas tradisonal Cianjur yang kita rekomendasikan untuk dicoba.

Tentu saja setiap daerah memilih makanan khas yang melegenda dan selalu layak untuk diburu. Resep turun-temurun, bisa jadi resep rahasia keluarga lho, yang telah dipertahankan dari satu generasi ke generasi berikutnya menimbulkan rasa yang tak ada bandingannya, ya cuma satu rasa saja di tempat itu saja. Nah, lima tempat makanan khas tradisional Cianjur ini pun demikian, lho.

Bagi masyarakat Cianjur sendiri, lima makanan khas tradisonal Cianjur ini sudah melegenda banget lho, so, pantang banget untuk gak dicoba. Jika sempat, kamu bisa mengunjungi lima tempat berikut dalam sehari, sekalian mengeliling kota Cianjur yang sejuk.

Yuk, simak infonya berikut.

Geco Nusa Sari Pak Iding

Udah pernah coba majan Geco? Apa sih Geco? Disebut geco karena sajian tersebut berisi taoge dan bumbu taoco, dengan tambahan lain yaitu mie sagu kuning, tahu rebus, dan ketupat. Biar ada sedikit rasa asam, jangan lupa kucuri dengan cuka aren.

Kedainya boleh sederhana di tepi jalan dengan tenda seadanya. Namun, cita rasa kuliner bernama geco Nusasari Pak Iding sudah bertahan sejak tahun 1948.

Geco Nusasari Pak Iding lokasinya ada di Jl. Siti Jaenab, Pamoyanan, Cianjur


Sate Maranggi Ma Nunung

Makan sate pakai lontong sih udah biasa. Yang gak biasa adalah menyantap sate dengan ketan bakar atau nasi kuning. Sensasi tersebut bisa kamu jumpai di sate maranggi Ma Nunung atas sering pula disebut sate maranggi Warujajar.

Eksis sejak tahun 1981, sate maranggi Ma Nunung dibanderol dengan harga Rp 3 ribuan per tusuk saja Kamu bisa pilih tusuk satai dengan full daging sapi atau satai kombinasi antara daging sapi dan lemak.

Sate maranggi Ma Nunung berlokasi di Jl. K.H. Ashari No.13 Solokpandan, Cianjur

Bubur Ayam Sampurna

Yang pagi-pagi suka nyari sarapan, wajib coba salah satu kuliner ini. Buka mulai dari jam 6 pagi, kamu bisa mengawali wisata kuliner legendaris Cianjur di kedai bubur ayam Sampurna. Sudah mulai berjualan sejak tahun 1975, isian paling tampak dari bubur ini adalah adanya pepes daun bawang, usus ayam, dan kerupuk kuning yang merupakan ciri khas dari bubur asli Cianjur.

Kamu bisa menikmati seporsi bubur ayam Sampurna original seharga Rp11 ribuan saja.

Lokasi Bubur ayam Sampurna ada di Bomero Citywalk Jl. Haji Agus Saleh No.48 Cianjur

Roti Tan Keng Cu

Kalau pengen mencicipi kuliner legendaris sejak zaman Belanda, maka kedai roti Tan Keng Cu adalah jawabannya. Didirikan pertama kali pada tahun 1926, Tan Keng Cu merupakan spesialis aneka jenis roti seperti roti kasur, roti gambang, roti tawar, dan masih banyak lagi.

Hal unik dari proses pembuatan roti di Tan Keng Cu adalah alat pengaduk roti tradisional yang masih berfungsi dengan baik sejak kedai ini dirintis.

Tan Keng Cu Resto & Bakery - Jl. HOS Cokro Aminoto No.95 Muka, Cianjur

Es campur Mang Bace

Sebagai penutup kuliner, pasti butuh yang seger-segee dong ya! Es campur bisa jadi salah satu melepas dahaga. Datang saja ke kedai es campur milik Mang Bace yang kesegarannya sudah memanjakan lidah pelanggan sejak tahun 1947.

Cincau hitam, kelapa, kolang-kaling, timun suri, dan kacang hijau adalah isian utama dari es campur ini. Ditambah air gula asli, susu kental manis vanila atau cokelat, dan es batu, segarnya sempurna hilangkan dahaga.

Lokasi Es campur Mang Bace - Jl. K.H. Hasyim Ashari, Solokpandan, Cianjur

Gimana? Sajian legendaris tersebut bikin ngiler dN penasaran mau coba gak? Yuk datang ke Cianjur

Halaman:

Editor: Insan Purnama

Sumber: idn times

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tren Tanaman Hias: Kaktus

Kamis, 2 Desember 2021 | 21:11 WIB

Cerita Mistis: Membongkar Misteri di Balik JIMAT

Kamis, 2 Desember 2021 | 20:52 WIB

Kuliner Halal Ubud: Warung Jhabu, Pulang ke Rumah Emak!

Selasa, 30 November 2021 | 21:51 WIB

Nasi Bogana, Kuliner khas Cirebon atau Tegal?

Jumat, 19 November 2021 | 16:55 WIB

Mike Tyson 'Tantang' Racun Kodok, KO?

Jumat, 19 November 2021 | 15:30 WIB

Temukan Passionmu dengan Tiga Cara Ini!

Selasa, 16 November 2021 | 17:34 WIB

Wingko Babat : Ternyata Sejarahnya Bukan Asli Semarang

Sabtu, 13 November 2021 | 21:26 WIB
X