• Selasa, 18 Januari 2022

Mau Jadi Petani Ganja? Pindahlah ke Negara Ini

- Sabtu, 21 September 2019 | 11:59 WIB
ganja
ganja


Klikanggaran.com, JAKARTA – Apa yang terpikir oleh Anda ketika mendengar kata ganja? Atau, bagaimana jika menanam ganja? Wah, tentu saja, di negara kita kata ganja berkonotasi negatif sebab menanam atau memakainya terkategori dilarang. Tapi, ini ada sebuah negara yang berencana lewat undang-undangnya membolehkan mengekspor ganja medis. Yuk, kita simak artikel di bawah ini.


Adalah Jane Sevdinski, dulu pernah bekerja sebagai pegawai negeri, dan seorang temannya kini menginvestasikan lebih dari 1 juta euro atau sekitar Rp15,4 miliar untuk menanam ganja di empat rumah kaca besar.


Lalu, ada juga Zlatko Keskovski, mantan instruktur karate, malah sudah selangkah lebih maju. Fasilitas yang dimilikinya dipenuhi pekerja berpakaian medis untuk merawat bunga-bunga ganja yang tumbuh di bawah lampu neon.


Sampai sini apa yang Anda pikirkan? Yup, betul, ini sebuah ketaklaziman. Mungkin ini adalah salah satu model ekonomi yang tak lazim, tetapi orang-orang itu merupakan bagian dari rencana untuk mengubah sebuah bekas republik Yugoslavia bernama Makedonia Utara menjadi negara dengan petani-petani ganja.


Tujuannya adalah untuk mendapatkan sepotong pangsa pasar ganja medis global yang diperkirakan akan mencapai nilai antara US$14 miliar dan US$50 miliar selama lima tahun ke depan.


Di negeri itu, entah itu mantan polisi atau pengacara, apapun profesinya, semua orang sepertinya ingin ambil bagian dalam industri ini.


Dan, ternyata sejak 2016, lebih dari dua lusin perusahaan telah memperoleh perizinan. Kementerian Kesehatan Makedonia Utara saat ini sedang memproses 20 permohonan lain.


“Kami pikir ini akan menjadi bisnis yang menguntungkan,” ujar Sevdinski, seperti dilansir Bloomberg. Sejauh ini, dia dan rekannya telah menghabiskan 700.000 euro dan akan menghabiskan nilai yang sama untuk menjalankan bisnis.


“Dalam sekitar satu setengah tahun kami berharap akan mendapatkan keuntungan,” tambahnya.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Terkini

Ponsel BlackBerry Kehilangan Semua Fungsionalitas

Minggu, 2 Januari 2022 | 08:38 WIB

Erick Thohir Ikut Nimbrung Soal Toilet di SPBU Pertamina

Selasa, 23 November 2021 | 14:33 WIB

Lima Pesawat N-219 PT DI Dibeli Sejumlah Kader NU

Jumat, 12 November 2021 | 13:53 WIB
X