• Jumat, 30 September 2022

‘Tuyul Digital’dan ‘Begal Digital’ Banyak Bermasalah, Perlu Diskusi Ulang Kewenangan OJK di IKNB!!

- Senin, 11 April 2022 | 08:20 WIB
Perlu didiskusikan kembali Kewenangan OJK di IKNB  seiring maraknya Tuyul Digital dan Begal Digital (ojk.go.id)
Perlu didiskusikan kembali Kewenangan OJK di IKNB seiring maraknya Tuyul Digital dan Begal Digital (ojk.go.id)

KLIKANGGARAN – Tuyul Digital dengan berbagai variannya seperti Binary option, aset kripto, money game, pesugihan online kini banyak menimbulkan masalah dalam dunia investasi di Indonesia.

Selain Tuyul Digital, Begal Digital jenis cybercrime dan rentenir online atau dalam bahasa yang populer disebut pinjaman online (pinjol) juga banyak memunculkan masalah.

Dua persoalan tersebut, tuyul digital dan begal digital yang banyak memunculkan masalah belakangan ini, menjadi tantangan bagi Otoritas Jasa Keuangan atau OJK dalam melakukan pengawasan di sektor Industri Keuangan Non Bank atau IKNB.

Pendapat tersebut diungkapkan oleh Eko B. Supriyanto, Associate Institute for Development of Economics and Finance atau INDEF dalam Diskusi Publik INDEF tentang “Maraknya Tuyul Digital Menyambut Komisioner Baru OJK”, Minggu (10/4/2022).

Baca Juga: Inilah Alasan Sisca Saras Banyak Mendapat Simpati, Warganet : Kamu Bisa Bersinar Tanpa Nama JKT48

Eko B. Supriyanto menambahkan, OJK masih perlu berkonsentrasi penuh dalam melakukan pengawasan di sektor IKNB, terutama dengan maraknya Tuyul Digital dan Begal Digital. Menurut Eko, Kewenangan OJK di IKNB perlu didiskusikan kembali.

“Hampir di semua sektor IKNB kini bermasalah, contohnya asuransi Bhumiputera yang “hidup segan mati tak mau”. Juga ada likuidasi asuransi Wana Artha, dan soal multi finance dengan debt collector serta Pinjol,” Jelas Eko B. Suprianto.

“Tuyul digital juga jadi masalah dengan beberapa variannya. Ada Tuyul Digital (Binary option, aset kripto, money game), Pesugihan online, Begal digital jenis cybercrime dan Rentenir online/pinjol. Itu semua menjadi PR besar OJK saat ini untuk membenahinya. Termasuk diskusi soal kewenangan OJK di IKNB,” sambung Eko.

Baca Juga: Nita Gunawan Klarifikasi Terkait Berita Miring Jadi Selingkuhan Raffi Ahmad, Bagaimana Reaksi Nagita Slavina?

Halaman:

Editor: Muslikhin

Sumber: Liputan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Rekomendasi Berbagai Rak Kamar Mandi

Sabtu, 17 September 2022 | 10:46 WIB

CEO FedEx: Ekonomi Global Sedang Menuju Resesi

Sabtu, 17 September 2022 | 07:52 WIB

Kinerja Moncer Pelindo Pasca Merger

Rabu, 20 Juli 2022 | 12:56 WIB

Impor Energi China dari Rusia Terus Melonjak!

Jumat, 20 Mei 2022 | 21:38 WIB
X