Persiapan Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahap I, Ini Temuan Hasil Kunjungan Tim DPR RI ke Arab Saudi

Jakarta, Klikanggaran.com (25/8/2017) - Beberapa waktu lalu negeri ini diramaikan oleh fenomena penipuan uang jemaah haji hingga ratusan milir oleh bos travel, yang tak lama sudah ditahan oleh pihak kepolisian. Di sisi lain, tim DPR RI menjalankan tugasnya untuk melakukan pengawasan terhadap penyelenggaraan ibadah haji tahun 1438 Hijriah / 2017 Masehi tahap satu selama 7 hari ke Arab Saudi.

Dalam kunjungannya kali ini, tim DPR RI mendapatkan temuan-temuan selama melakukan pengawasan persiapan PIH Tahun 2017. Di antaranya adalah:

1. Pelayanan Pemondokan, ditemukan ketidaksesuaian dengan rencana penyelenggaraan yang sudah ditetapkan, seperti halnya terdapat pemondokan yang tidak layak untuk jemaah haji, kurang terawat, lift yang kecil dan rusak.

2. Pelayanan Katering, terdapat temuan makanan atau komsumsi basi sebelum diedarkan sebanyak 3.334 kotak makan di Madinah dan 5 buah di Mekkah.

3. Manajemen Petugas Haji, dinyatakan sangat kurang dan terlihat para petugas sangat kewalahan karena banyak jemaah haji yang kesasar. Bahkan, dari kurangnya petugas tersebut terjadi masalah lainnya, seperti adanya kerugian jemaah hingga 15 juta dan SAR 14,300.

4. Penanganan Kesehatan, terdapat petugas yang kurang. Sehingga menurut tim DPR, ini cukup kewalahan untuk membantu jemaah yang ingin meminta pertolongan.

5. Pelayanan Transportasi Bus Jemaah Haji di Madinah dan Makkah, ditemukan adanya keluhan bus, sering terjadi bus shalawat dimasuki jemaah haji dari negara lain, karena kurang petugas juga.

6. Ada praktek rentenir penukaran uang Saudi Arabian Riyal (SAR) pecahan 500 yang didapatkan jemaah haji sebagai living cost dengan sistem penukaran SAR 500 menjadi SAR 420 diembarkasi haji. Tentu, menurut tim DPR hal ini merugikan bagi jemah haji terkait praktek tersebut.

7. Tas samping dan koper jemaah haji dirasakan tidak tahan lama dan cepat rusak.

8. Terjadi cuacu buruk seperti badai angin dan hujan pada tanggal 21 Agustus 2017, sehingga menimbukan kerusakan pada tenda.

Temuan-temuan tersebut sudah disampaikan dan dikonfirmasi oleh tim DPR kepada Menteri Agama pada saat pertemuan di Kantor Daerah Kerja (Daker) penyelenggaraan ibadah haji Indonesia di Makkah. Semoga dari temuan di atas, dapat ditingkatkan lagi kualitasnya oleh pemerintah, ketimbang harus menjadikan dana haji untuk infrastruktur yang belum tahu timbal baliknya.

 

Peristiwa

More Articles
Burn Hoax adalah cara kami memerangi hoax-hoax yang tersebar dan berserakan di mana-mana, yang telah mengancam sendi-sendi berbangsa dan bernegara