OTT KPK dan Gurita Korupsi di Kemenhub

Jakarta, Klikanggaran.com (24/8/2017) - Kementerian Perhubungan merupakan kementerian yang paling rawan tindakan korupsi. Sederet kasus tindakan penyelewengan telah terjadi di Kemenhub.

Terkait hal tersebut, Jajang Nurjaman, Koordinator Investigasi Center for Budget Analysis (CBA), memberikan contoh kasus yang terjadi di Kemenhub. Misalnya, beberapa kali Dirjen Hubungan Laut tersandung kasus korupsi, seperti OTT Pungli yang melibatkan 3 PNS Kemenhub.

“Padahal sebelumnya Dirjennya langsung sudah dijerat penegak hukum, dalam kasus korupsi proyek pembangunan Balai Pendidikan dan Pelatihan Ilmu Pelayaran (BP2IP) di Sorong, Papua,” kata Jajang saat ditemui Klikanggaran.com di kantornya, Jakarta, Kamis (24/8/2017).

Belajar dari kasus-kasus sebelumnya, Jajang kali ini menyoroti tender pengadaaan barang dan jasa di Kemenhub. Menurutnya, meskipun sudah menggunakan elektronik dan dibuat dalam kajian e-trading, pada praktiknya masih rawan tindakan penyelewengan. Karena proyek tersebut sudah dimanipulasi atau ada kongkalikong.

Di Kemenhub sendiri, sesuai data yang disajikan CBA pada Klikanggaran.com, tercatat ada beberapa proyek besar yang pastinya menjadi perhatian KPK. Seperti proyek tol laut, pembangunan kapal, dan yang utama 11 proyek yang masuk proyek strategis nasional “pembangunan pelabuhan”.

“Dan, pada OTT ini, KPK sedang menyelamatkan program Presiden Jokowi, agar tidak dikorup, dan proyek tersebut berhasil dijalankan,” ujar Jajang Nurjaman sambal membolak-balik catatannya.

Korupsi

More Articles

Iklan Klikanggaran